Cara Mengarahkan Domain ke Wix

Wix adalah tools yang bisa digunakan untuk membangun sebuah website dengan mudah. Anda hanya perlu memikirkan konsep, seperti nama website, hingga konten di dalamnya. Selanjutnya, Wix akan membuat website tersebut hingga selesai dan siap untuk diakses.

Wix juga menyediakan paket gratis hingga berbayar. Paket gratis biasanya terdapat subdomain blabla.wixsite.com. Tentu ini kurang profesional, karena terlihat menggunakan paket gratis. Sayangnya memang sebatas itu, fitur yang disediakan paket gratis Wix.

Anda dapat mengarahkan website yang dibangun dengan Wix ke sebuah domain, namun perlu upgrade ke paket yang berbayar.

Catatan: Silakan membeli paket berbayar Wix terlebih dahulu untuk mengikuti langkah-langkah di bawah.

Mengarahkan Domain ke Wix dengan Metode Pointing

Anda bisa menggunakan pengaturan pointing untuk menghubungkan domain dengan Wix.

Langkah Pertama

1. Anda perlu login pada halaman Dashboard Wix. Masukkan email dan password akun Wix untuk masuk halaman dashboard.

1 Login Wix (Edit)

2. Anda akan berada di halaman Dashboard Wix. Pada kotak atas, klik Connect Your Own Domain untuk mulai menghubungkan domain Anda sendiri.

2 Dashboard Wix Tampil   Connect Your Own Domain (Edit)

3. Anda akan diarahkan ke halaman untuk menghubungkan domain dengan website Wix. Pilih Connect a domain you already own karena Anda sudah memiliki domain dari Niagahoster.

3 Connect a domain you already own (Edit)

4. Pilih situs yang ingin Anda hubungkan dengan domain Anda dan klik Next.

5. Masukkan nama domain yang telah Anda miliki.

6. Klik DNS di sebelah Connection Method di bagian bawah halaman.

7. Pilih Pointing.

7 Pilih Pointing (Edit)

Catatan: Biarkan halaman ini tetap terbuka, sehingga Anda dapat kembali untuk memverifikasi koneksi pada langkah ke-4.

Langkah Kedua

Langkah ini memiliki 2 versi panduan yang dapat diikuti. (1) Panduan Member Area Lama; (2) Panduan Member Area Lama. Silakan mengikuti salah satu panduan sesuai dengan tema Member Area pada akun Anda.

Member Area Lama

1. Anda perlu login ke Member Area Niagahoster untuk mengelola DNS domain.

1 Login Member Area Niagahoster (Edit)

2. Selanjutnya, Anda perlu masuk ke menu Layanan Anda, dan pilih sub menu Domain untuk memilih domain yang ingin dihubungkan dengan website Wix. Kemudian, klik Kelola Domain untuk masuk ke Pengaturan Domain.

2 Layanan Anda   Domain (Edit)

3. Anda perlu masuk ke tab DNS Management untuk menambahkan record. Setelah itu, klik tombol Add Record yang ada di bagian bawah.

3 DNS Management   Add Record (Edit)

4. Ada dua record yang perlu ditambahkan, antara lain:

  • A Record: Record untuk menghubungkan domain dengan Wix.
  • CNAME: Record agar domain dapat diakses dengan subdomain www.

4.1. Pertama, Anda tambahkan A Record terlebih dahulu. Isi form seperti di bawah ini. Anda perlu input IP Address dari Wix: 23.236.62.147. Jika sudah sesuai, klik Save Record untuk menyimpannya.

4 1 A Record (Edit)

4.2. Kedua, Anda perlu menambahkan record CNAME. Isi form seperti di bawah ini. Anda perlu input www pada form Sub Domain. Sedangkan, input www109.wixdns.net pada form Hostname. Jika sudah sesuai, klik Save Record untuk menyimpannya.

4 2 CNAME (Edit)

5. Jika Anda berhasil menambahkan Record, maka akan muncul kotak memberi ucapan selamat. Selanjutnya Anda hanya perlu menunggu Masa Propagasi.

Masa Propagasi: Waktu yang dibutuhkan oleh domain untuk dapat tersambung dengan server. Umumnya 1×24 Jam dan bergantung pada DNS provider internet yang digunakan.

Selamat Add Record Ditambahkan (Edit)

Member Area Baru

1. Akses halaman website Niagahoster. Klik tombol Login yang ada di sebelah kanan atas.

2. Masukkan Email dan Password Anda, kemudian klik tombol MASUK SEKARANG JUGA. Jika menggunakan social login, silakan pilih salah satu opsi antara Facebook atau Google.

3. Pilih tab Domain untuk memilih domain yang ingin dihubungkan dengan website Wix.

4. Klik tombol Kelola Layanan untuk masuk ke Pengaturan Domain.

5. Gulir ke bagian DNS Management untuk mengatur record. Setelah itu, klik tombol Manage DNS Record.

6. Klik tombol + Tambahkan DNS Record baru.

7. Ada dua record yang perlu ditambahkan, antara lain:

  • A Record: Record untuk menghubungkan domain dengan Wix.
  • CNAME: Record agar domain dapat diakses dengan subdomain www.

7.1. Pertama, Anda tambahkan A Record terlebih dahulu.

Gulir ke bawah dan isi form berikut. Anda perlu input IP Address dari Wix: 23.236.62.147. Jika sudah sesuai, klik tombol Lanjutkan untuk menyimpannya.

7.2. Kedua, Anda perlu menambahkan record CNAME.

Gulir ke bawah dan isi form berikut. Anda perlu input www pada form Sub Domain. Sedangkan, input www109.wixdns.net pada form Hostname. Jika sudah sesuai, klik tombol Lanjutkan untuk menyimpannya.

8. Jika Anda berhasil menambahkan Record, maka akan muncul kotak memberi ucapan selamat. Selanjutnya Anda hanya perlu menunggu Masa Propagasi.

Masa Propagasi: Waktu yang dibutuhkan oleh domain untuk dapat tersambung dengan server. Umumnya 1×24 Jam dan bergantung pada DNS provider internet yang digunakan.

Langkah Ketiga (Opsional)

Setelah Anda memperbarui data DNS domain melalui Member Area Niagahoster, kembali ke halaman Domain di akun Wix dan klik Verify Connection.

Verify domain connection (Edit)

Langkah ini opsional, hanya untuk memeriksa apakah Anda telah memperbarui server nama domain dengan benar. Jika Anda telah menutup halaman di akhir Langkah Pertama, Anda dapat mengabaikan langkah ini.

Selamat! Domain Anda telah terhubung dengan website yang dibangun dengan Wix. Selanjutnya, cukup menunggu masa propagasi hingga website dapat dapat diakses dengan domain tersebut.

Apakah artikel ini membantu?

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

Artikel Serupa


related posts

Cara Menghubungkan Domain ke Cloudflare

Cloudflare adalah sebuah layanan Content Delivery Network (CDN) yang berasal dari Amerika. Sistem yang dimiliki oleh Cloudflare akan bertindak sebagai penghubung antara website dengan pengunjung website dengan cara menyimpan cache konten statis pada lokasi server negara terdekat, sehingga akan menjadikan website lebih cepat diakses oleh pengunjung. Selain itu, Cloudflare juga dapat meningkatkan kecepatan akses suatu […]

Selengkapnya
related posts

Cara Menghubungkan Domain dengan Canva

Diluncurkan tahun 2013, Canva adalah alat bantu desain dan publikasi online dengan misi memberdayakan semua orang di seluruh dunia agar dapat membuat desain apa pun dan mempublikasikannya di mana pun. Tak hanya dapat membuat desain, Anda juga dapat membuat website dan mempublikasikannya melalui Canva. Layanan Publish Website tersedia bagi pengguna Canva Pro, Canva for Teams, […]

Selengkapnya
related posts

Persyaratan Domain Indonesia

Berikut adalah daftar dokumen yang perlu dilengkapi sebagai syarat pendaftaran nama domain Indonesia. Contoh dokumen persyaratan dapat dilihat di SINI. Untuk upload dokumen, silakan mengikuti panduan cara upload dokumen domain indonesia atau juga dapat melampirkan scan atau copy dokumen yang dibutuhkan dengan lengkap ke: Email : cs@niagahoster.co.id Subjek Email : Persyaratan Nama Domain – Nama_Domain – Nomor_Tagihan Lampiran […]

Selengkapnya