Informasi SMTP (Outgoing Mail) Terblokir & Cara Unblock atau Unsuspend

Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) merupakan protokol yang digunakan untuk mengirim email (Outgoing Mail). Protokol ini berisi perintah untuk melakukan autentikasi dan transfer email.

Ketika Anda menulis pesan email pada platform seperti Gmail atau Outlook, kemudian klik tombol kirim. Pesan email akan berpindah dari komputer Anda ke server email melalui SMTP.

Layanan hosting Niagahoster di antaranya Unlimited Hosting, Cloud Hosting, dan Email Hosting memiliki fitur SMTP yang dapat digunakan melalui komputer, smartphone, mail client, hingga webmail. Namun, setiap layanan hosting memiliki limitasi SMTP (pengiriman email) yang berbeda-beda.

Limitasi SMTP Hosting Niagahoster

Jika melebihi batas yang telah ditentukan, maka sistem Niagahoster akan otomatis memblokir layanan SMTP hosting Anda.

Layanan Hosting

Limit SMTP

Unlimited Hosting

  • Paket Bayi, Pelajar, dan Personal
  • Paket Bisnis

200 email/jam

300 email/jam

Cloud Hosting

300 email/jam

Email Hosting

400 email/jam

Cara Unblock SMTP di Niagahoster

Terdapat 2 panduan untuk Unblock SMTP di Niagahoster berdasarkan versi Member Area yang Anda gunakan. Pilih salah satu panduan sesuai dengan kebutuhan.

  1. Panduan Member Area Lama
  2. Panduan Member Area Baru

Perhatian. Anda hanya diizinkan melakukan Unblock SMTP sebanyak 2 kali dalam 1×24 jam.

Panduan Member Area Lama

1. Masuk ke Member Area Niagahoster.

2. Pilih menu Layanan Anda dan klik submenu Hosting. Pada layanan hosting aktif yang Anda miliki, klik tombol Kelola Hosting.

3. Anda akan diarahkan ke halaman Pengaturan Hosting. Pilih tab cPanel, kemudian klik menu Unblock Outgoing Mail.

4. Layar pop-up seperti berikut akan ditampilkan. Untuk membuka pemblokiran SMTP, klik tombol Unblock.

5. Selamat! Anda berhasil membuka blokir (Unblock/Unsuspend) SMTP. Klik tombol Tutup.

Panduan Member Area Baru

1. Masuk ke Member Area Niagahoster.

2. Gulir halaman ke bagian Layanan Anda dan klik tab cPanel Hosting. Pilih layanan hosting aktif yang Anda miliki, kemudian klik tombol Kelola Layanan di sebelah kanan.

3. Anda akan diarahkan ke halaman Kelola Hosting. Halaman yang berisi informasi detail hosting serta fitur untuk mengelola hosting.

4. Gulir halaman ke bagian Limit Pengiriman Email. Anda dapat melihat informasi jumlah pengiriman email Anda dalam 1 jam.

Sebagai contoh, akun hosting berikut telah mencapai batas, yaitu 400 email per jam. Ketika melebihi batas, maka sistem Niagahoster akan otomatis memblokir SMTP (Outgoing Mail).

Untuk membuka pemblokiran SMTP, klik tombol Unsuspend Outgoing Mail di sebelah kanan.

5. Layar pop-up konfirmasi akan muncul. Untuk melanjutkan proses, klik tombol Ya, Lanjutkan.

6. Selamat! Anda berhasil membuka blokir (Unblock/Unsuspend) SMTP. Klik tombol Selesai.

Penyebab dan Cara Mencegah SMTP Terblokir

Agar SMTP tidak terblokir, Anda perlu memastikan jumlah pengiriman email tidak melebihi limitasi layanan hosting. Berikut beberapa penyebab mengapa akun email mengirimkan pesan dalam jumlah yang tidak normal.

1. Layanan akun email diretas (hacked) sehingga digunakan untuk kegiatan ilegal seperti email spoofing. Anda perlu segera mengubah password akun email tersebut dan menggunakan password yang tidak mudah ditebak. Hindari password seperti nama dan tanggal lahir karena sangat mudah untuk dicuri dan ditebak.

2. Device diserang virus. Harap pastikan untuk segera membersihkan device Anda dengan melakukan scanning dengan antivirus.

3. Email digunakan untuk mengirimkan konten marketing seperti newsletter dan sebagainya. Layanan shared hosting (unlimited, cloud, dan email) tidak diperuntukkan untuk keperluan marketing seperti mengirimkan newsletter atau promosi sehingga akun email akan otomatis dinonaktifkan ketika mencapai limitasi SMTP. Kami menyarankan agar Anda menggunakan VPS dan melakukan relay ke layanan pihak ketiga seperti AWS, SES, atau layanan smart host lainnya.

Apakah artikel ini membantu?

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

Artikel Serupa


related posts

Penggunaan Email

Setelah web Anda online dan domain Anda mengarah ke layanan kami, maka Anda akan dapat menggunakan email dengan nama domain Anda (misal: ´╗┐email@namadomainanda.com). Penting nantinya untuk menggunakan email marketing dengan nama domain Anda, karena hal tersebut dapat meningkatkan kepercayaan client Anda dan juga sebagai brand awareness yang detailnya dibahas pada ulasan berikut: https://www.niagahoster.co.id/kb/email-gratis-untuk-bisnis Cara termudah untuk menggunakan email adalah menggunakan email […]

Selengkapnya
related posts

Lokasi Server Niagahoster

Lokasi Server Niagahoster – Niagahoster memiliki beberapa lokasi server (Data Center) untuk memenuhi kebutuhan klien. Berikut adalah lokasi Server atau Data Center yang digunakan oleh Niagahoster. Unlimited Hosting, WordPress Hosting, Mail Hosting dan Cloud Hosting Untuk layanan Hosting unlimited hosting, WordPress Hosting, Mail Hosting dan Cloud Hosting, Niagahoster menggunakan server Indonesia (DCI Tier 4) dan Singapura […]

Selengkapnya
related posts

Mengapa Perlu Menggunakan Email Yang Terdaftar dan Tiket?

Kemudahan, kecepatan dan ketepatan adalah hal yang utama bagi tim Niagahoster dalam memberikan bantuan ke semua pelanggan. Namun, dalam beberapa kasus kami mendapati klien menghubungi tim kami baik melalui chat atau tiket dengan menggunakan email yang tidak terdaftar atau tidak sesuai dengan akun hosting atau domain yang diminta. Untuk hal ini, maka kami harus menolaknya. […]

Selengkapnya