Cara Manual untuk Bayar Transaksi dengan Potongan PPh 23

Diperbarui pada 21 November 2022

PPh 23 atau Pajak Penghasilan Pasal 23 adalah pajak yang dikenakan pada penghasilan atas modal, penyerahan jasa, atau hadiah dan penghargaan, selain yang telah dipotong PPh Pasal 21. Umumnya, penghasilan jenis ini terjadi saat adanya transaksi antara pihak yang menerima penghasilan (penjual atau pemberi jasa) dengan pemberi penghasilan. Pihak pemberi penghasilan (pembeli atau penerima jasa) akan memotong dan melaporkan PPh pasal 23 tersebut kepada Kantor Pajak.

Kabar baiknya, saat ini Niagahoster telah mendukung pembayaran layanan dengan pemotongan PPh 23 secara mandiri. Pemotongan PPh ini dilakukan di awal saat tahap pembayaran.

Untuk membayar transaksi dengan potongan PPh 23 secara mandiri, Anda dapat melakukannya melalui pembayaran manual. Kami membagi panduan ini menjadi dua tahapan sebagai berikut.

1. Bayar Transaksi dengan Potongan PPh 23.

2. Konfirmasi Pembayaran dan Bukti Pemotongan PPh 23.

Tahap 1 Bayar Transaksi dengan Potongan PPh 23

1. Lakukan checkout layanan Niagahoster. Pada panduan ini kami menggunakan contoh pembelian domain. Pilih Metode Pembayaran BCA Virtual Account, kemudian klik tombol Checkout Sekarang.

2. Anda akan mendapatkan Invoice ID seperti contoh berikut. Silakan catat atau salin Invoice ID milik Anda, kemudian klik tombol Konfirmasi Pembayaran di Member Area.

3. Anda akan diarahkan ke halaman Tagihan. Klik logo Intercom pada bagian kanan bawah untuk menghubungi Customer Success Specialist (CSS) Niagahoster.

4. Klik tombol Kirimi kami pesan.

5. Pilih opsi Saya ingin bicara dengan Live Specialist.

6. Pilih topik Tagihan dan Pembayaran.

7. Jika melihat tampilan seperti berikut, silakan menunggu antrian dalam beberapa menit.

8. Setelah CSS merespon, sampaikan pengajuan pembayaran tagihan dengan potongan PPh 23 yang ingin Anda lakukan secara manual, berikut lampirkan nomor Invoice ID yang tadi telah disalin. Perhatikan contoh berikut.

9. CSS Niagahoster akan memberikan instruksi berikut dengan nomor rekening Niagahoster seperti berikut. Silakan menghitung besaran tagihan Anda, kemudian lakukan pembayaran ke salah satu nomor rekening Niagahoster yang telah diinformasikan oleh CSS pada live chat.

Tahap 2 Konfirmasi Pembayaran dan Bukti Pemotongan PPh 23

Setelah melakukan transfer pembayaran, lakukan konfirmasi ke CSS Niagahoster dengan cara melampirkan bukti transfer, berikut memberitahukan nomor tagihan milik Anda (Invoice ID). Anda dapat melampirkan bukti transfer, nomor tagihan, dan bukti pemotongan PPh 23 langsung pada live chat Intercom. 

Ketentuan

  • Anda wajib melampirkan bukti pemotongan PPh 23 dengan waktu paling lambat adalah tanggal 20 di bulan berikutnya. Apabila hingga tanggal 20 bukti pemotongan belum disampaikan, maka status layanan Anda akan ditangguhkan sementara hingga bukti pemotongan PPh 23 telah diterima oleh Niagahoster.
  • Jika telah membayarkan tagihan secara penuh, maka Anda dapat mengajukan pengembalian (Refund) PPh 23. Prosedur untuk pengembalian atau refund PPh 23 dapat diakses di sini.

Apakah artikel ini membantu?

1
2

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

Artikel Serupa


related posts

Cara Menggunakan Saldo Deposit Niagahoster

Diperbarui pada 7 Juli 2022 Saldo deposit Niagahoster merupakan saldo yang terkumpul dari kelebihan pembayaran tagihan layanan ke Niagahoster. Sebagai contoh, Anda memiliki tagihan pembayaran layanan hosting sebesar Rp637.000 dan membayarnya sebesar Rp650.000, maka ada kelebihan sejumlah Rp13.000. Kelebihan dari pembayaran tagihan ini disebut dengan saldo deposit. Apabila saldo telah terkumpul dengan jumlah di atas […]

Selengkapnya
related posts

Informasi Pengembalian (Refund) PPh 23

Diperbarui 5 Desember 2022 PPh 23 atau Pajak Penghasilan Pasal 23 adalah pajak yang dikenakan pada penghasilan atas modal, penyerahan jasa, atau hadiah dan penghargaan, selain yang telah dipotong PPh Pasal 21. Umumnya, penghasilan jenis ini terjadi saat adanya transaksi antara pihak yang menerima penghasilan (penjual atau pemberi jasa) dengan pemberi penghasilan. Pihak pemberi penghasilan […]

Selengkapnya
related posts

Garansi Pengembalian Uang (Refund)

Niagahoster tidak memberikan free trial (uji coba gratis), namun kami memberikan garansi uang kembali selama 30 hari. Jika Anda tidak puas dengan layanan kami, maka Anda dapat meminta uang kembali kapan saja selama masa garansi 30 hari tersebut. Artinya, Anda bisa memastikan bebas dari segala risiko dalam menggunakan layanan Niagahoster. Hal yang perlu Anda perhatikan: […]

Selengkapnya