Cara Transfer Domain ke Niagahoster

Transfer Domain merupakan proses memindahkan domain yang Anda miliki dari penyedia layanan satu ke penyedia layanan lain. Contoh, Anda sebelumnya mendaftarkan domain pada penyedia layanan A, kemudian Anda ingin pindah ke Niagahoster. Hal tersebut dapat dilakukan dengan tata cara yang tepat.

Sebagai catatan, transfer domain tidak dapat dilakukan apabila Anda baru saja melakukan perpanjangan domain dari layanan registrar asal selama kurang dari 60 hari.

Persyaratan Transfer Domain

  1. Pastikan syarat di bawah terpenuhi agar transfer domain ke Niagahoster berhasil.
  2. Lakukan Unlock pada domain.
  3. Domain telah aktif lebih dari 60 hari.
  4. Domain tidak dapat ditransfer jika sebelumnya telah dilakukan transfer dari atau ke layanan lain kurang dari 60 hari.
  5. Domain tidak dalam status Pending Delete atau Redemption.
  6. Masukkan kode EPP / Transfer Secret.
  7. Gunakan nama, nama perusahaan, dan alamat email yang sama dengan ketika mendaftar domain.
  8. Proteksi WHOIS atau WHOIS privasi telah dinonaktifkan.
  9. Klik link otorisasi transfer domain yang dikirimkan ke email yang terdaftar.
  10. Lengkapi persyaratan dokumen (cek di sini) khusus untuk transfer nama Domain Indonesia.

Ketentuan Domain Indonesia

Khusus untuk Domain Indonesia mulai 11 September 2020 memiliki ketentuan lock domain baru yang perlu diperhatikan.

1. Lock domain H-10 sebelum domain expired:

  • Sesuai ketentuan dari Registry PANDI maka domain akan di lock pada H-10 sebelum masa berlaku domain habis.
  • Perpindahan domain baik melalui transfer atau move service tidak dapat dilakukan.
  • Perpindahan domain dapat dilakukan ketika pemilik sudah melakukan perpanjangan nama domain dan status domain aktif.

2. Lock domain setelah proses perpanjangan untuk domain yang belum expired:

  • Setelah perpanjangan domain berhasil diproses maka sistem akan secara otomatis melakukan lock domain selama 5 hari.
  • Perpindahan domain baik melalui transfer atau move service dapat dilakukan di hari ke-6 setelah perpanjangan domain berhasil diproses.

3. Lock domain setelah proses perpanjangan untuk domain yang telah expired:

  • Setelah perpanjangan domain berhasil diproses maka sistem akan secara otomatis melakukan lock domain selama 45 hari.
  • Perpindahan domain baik melalui transfer atau move service dapat dilakukan di hari ke-46 dihitung sejak tanggal domain expired.

Langkah-Langkah Transfer Domain

1. Masuk ke halaman Transfer Domain Niagahoster.

2. Masukkan nama domain yang ingin Anda transfer ke Niagahoster, lalu klik tombol Transfer Domain.

3. Anda akan diarahkan ke halaman seperti ini. Masukkan Kode EPP pada kolom yang tersedia, lalu klik tombol Simpan. Informasi Kode EPP dapat dilihat pada penyedia domain Anda sebelumnya.

4. Masih di halaman yang sama. Jika Anda sudah memasukkan Kode EPP dengan benar, maka jumlah durasi transfer serta nominalnya akan muncul. Selanjutnya, Anda bisa klik tombol Transfer Domain.

5. Anda akan mendapatkan tawaran Paket Unlimited Hosting Niagahoster. Pilih paket sesuai kebutuhan atau lewati dengan pilih opsi Tanpa Hosting.

6. Silakan gulir halaman ke atas. Rincian yang harus Anda bayarkan akan muncul di keranjang sebelah kanan. Untuk melanjutkan, klik tombol Lanjutkan.

7. Pilih Metode Pembayaran yang akan Anda gunakan untuk membayar tagihan dari Niagahoster. Sebagai contoh, kami di sini memilih BCA Virtual Account. Untuk melanjutkan proses checkout, klik tombol Masuk untuk Checkout.

8. Sebelum melanjutkan pembayaran, Anda perlu Login atau Daftar Akun Niagahoster terlebih dahulu.

9. Selesaikan pembayaran agar proses transfer domain Anda bisa segera diproses.

10. Anda akan mendapatkan Link Otorisasi Transfer Domain melalui email. Klik link otorisasi untuk melanjutkan proses transfer domain.

11. Tunggu email konfirmasi bahwa transfer domain Anda telah berhasil. Proses ini membutuhkan waktu hingga maksimal 5 hari.

Skenario Transfer Domain

Anda harus menyiapkan email yang nantinya berisi email otorisasi untuk pemindahan domain. Meski Anda menggunakan email yang sama, Anda akan tetap mendapatkan dua email untuk melepaskan domain dari registrar atau layanan Anda sebelumnya.

1. Transfer domain TANPA perubahan data WHOIS

  • Anda akan mendapatkan email transfer Form of Authorization (FOA) yang dikirimkan ke alamat email sesuai dengan data WHOIS sebelumnya (email yang terdaftar pada registrar lama).
  • FOA akan valid dalam jangka waktu 60 hari. Jika Anda tidak melakukan klik pada link approval otorisasi transfer, maka proses akan gagal/dibatalkan.

2. Transfer domain DENGAN perubahan data WHOIS

  • Anda akan menerima email Form of Authorization (FOA) untuk verifikasi perubahan data alamat email sesuai dengan WHOIS (email pada registrar baru).
  • Email otorisasi transfer HANYA akan dikirim setelah FOA disetujui dan selesai dikonfirmasi. (Status Current Registrant dan New Registrant adalah APPROVED).
  • Jika Anda tidak melakukan klik pada link approval otorisasi transfer, proses akan gagal/dibatalkan.

Berikut adalah tampilan pada tema Member Area versi lama:

Keterangan:

  • Current Registrant. Email FOA dikirimkan ke email pada layanan lama untuk menyetujui pemindahan domain.
  • New Registrant. Email FOA kemudian akan dikirimkan ke email pada layanan baru (contoh: email yang terdaftar pada Niagahoster) untuk menyetujui pemindahan domain.
  • Status Registrar. Jika Anda belum mengklik link approval, maka statusnya akan tetap Waiting/Pending Registrant Approval. Pastikan Anda mengecek Status Transfer Domain.

Serta berikut adalah tampilan pada tema Member Area versi baru.

Jika kedua skenario telah selesai, maka proses transfer domain akan secara otomatis dilakukan ke layanan kami dalam waktu 5 hari kerja.

Terima kasih telah menggunakan domain dan hosting murah dari Niagahoster!

Apakah artikel ini membantu?

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

Artikel Serupa


related posts

Cara Menghubungkan Domain dengan Server Hosting

Anda memerlukan name server untuk menghubungkan nama domain dengan server web hosting. Name server adalah nama web server untuk mengarahkan domain ke server tertentu. Umumnya name server ditulis dengan format seperti ini: ns1.niagahoster.co.id. Penamaan name server dapat bervariasi di tiap layanan, tergantung pada konfigurasi yang digunakan. Sistem Niagahoster akan secara otomatis mengirimkan rincian name server […]

Selengkapnya
related posts

Verifikasi Kepemilikan Domain ICANN

Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) adalah utama lembaga pemerintahan Internet global yang bertanggungjawab untuk mengelola infrastruktur Internet inti (alamat IP, nama domain, dan root server). ICANN berwenang mengatur pendaftaran domain di dunia dan mewajibkan seluruh pemilik domain melakukan verifikasi atas alasan keamanan. Setelah membeli dan memiliki domain, Anda dapat melakukan verifikasi kepemilikan […]

Selengkapnya
related posts

Cara Upload Dokumen Persyaratan Domain Indonesia

Domain ID adalah top-level domain dengan kode negara internet untuk Indonesia. Kementerian Komunikasi dan Informasi Indonesia telah mengelola domain ini sejak tanggal 1 September 2005. Website yang menggunakan domain ini, memberi pertanda bahwa lokasinya berada di negara Indonesia. Setelah Anda membeli domain ID, ada persyaratan tambahan sebelum domain dapat benar-benar digunakan. Anda perlu menyiapkan scan […]

Selengkapnya