Cara Mengelola Akun Hosting

Niagahoster memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mengelola akun web hosting. Anda dapat melakukan berbagai hal terkait hosting dengan masuk ke Member Area Niagahoster.

Melalui Member Area, Anda dapat mengetahui informasi detail akun hosting, mengakses cPanel, mengelola website WordPress, memantau pengunjung website, mengubah password FTP/cPanel/SSH, mengganti domain utama, dan melakukan unblock IP.

Untuk mengetahui cara mengelola akun web hosting terjangkau Niagahoster, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah-Langkah Mengelola Akun Hosting Niagahoster

1. Masuk ke Member Area Niagahoster.

2. Gulir halaman ke bagian Layanan Anda pada tab Hosting. Pilih layanan hosting aktif yang ingin Anda kelola. Kemudian, klik tombol Kelola Hosting.

3. Anda akan diarahkan ke halaman Pengaturan Hosting pada tab Detail. Mulai dari sini, Anda telah siap mengelola akun hosting yang Anda miliki. Sebagai awalan, Anda dapat melihat informasi Detail Hosting seperti Domain, Server Number, IP Akun, IP Akun Versi 6, Nameserver Akun, dan sebagainya.

Jika Anda gulir halaman ke bawah, maka tersedia juga informasi Akun Hosting Anda. Di bagian ini, Anda akan melihat informasi seperti Jumlah Pembayaran, Siklus Pembayaran, sampai Tanggal Perpanjangan. Hal-hal lain meliputi Perpanjang Sekarang, Ubah Durasi, Upgrade, dan Request Pembatalan juga dapat Anda lakukan.

4. Klik tab cPanel pada halaman Pengaturan Hosting. Anda akan disuguhkan menu cPanel yang direkomendasikan oleh Niagahoster. Menu-menu tersebut seringkali digunakan untuk konfigurasi hosting oleh banyak pengguna. Untuk mengakses menu cPanel lain secara lengkap, klik menu All Features.

Halaman cPanel akan ditampilkan seperti ini. Berbagai menu lengkap dapat digunakan untuk konfigurasi hosting Anda.

5. Selanjutnya, klik tab WP Management untuk menggunakan fitur pengelolaan website WordPress. Fitur yang juga cocok bagi Anda yang berminat mengembangkan website menggunakan WordPress. Pelajari selengkapnya di sini.

6. Untuk mengetahui jumlah pengunjung website Anda, klik tab Monitoring Tools. Fitur ini memiliki bermacam-macam indikator dalam mengukur performa website meliputi: Total Visits, Unique Visitors, Pages Opened, Hits, Bandwidth, Halaman Teratas, 10 Keyword Teratas, dan Negara Teratas. Pelajari selengkapnya di sini.

7. Anda tidak perlu khawatir saat lupa ketiga password berikut: FTP, cPanel, dan SSH. Lakukan perubahan password tersebut dengan klik tab Password. Kemudian, silakan buat password baru Anda.

8. Apabila Anda ingin mengubah domain utama hosting, silakan klik tab Domain. Kemudian, masukkan domain baru aktif yang ingin dihubungkan dengan hosting Anda.

9. Terakhir, klik tab Unblock IP untuk mengecek apakah suatu alamat IP komputer sedang terblokir sehingga tidak dapat mengakses website Anda. Untuk itu, Anda bisa menggunakan fitur ini untuk membuka blokir sehingga alamat IP komputer tidak terblokir lagi.

Selamat! Kini Anda telah mengetahui cara mengelola akun hosting di Niagahoster. Semua fitur yang tersedia akan membantu Anda melakukan konfigurasi hosting dengan praktis. Hingga akhirnya website Anda akan selalu online.

Apakah artikel ini membantu?

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

Artikel Serupa


related posts

Cara Melakukan Remote Import WordPress dari Softaculous

Remote Import adalah fitur dari Softaculous yang memungkinkan Anda untuk mengambil file instalasi server lain ke Softaculous yang berada pada server Anda secara local. Hal yang Perlu Anda Perhatikan: Sebelum memulai, Anda perlu memiliki: Panduan Remote Import pada Softaculous 1. Login ke akun cPanel pada server Anda, kemudian pilih menu Softaculous Apps Installer > WordPress 2. Pilih menu Import […]

Selengkapnya
related posts

Membuat Staging pada Softaculous Apps Installer

Staging sangat berguna apabila Anda ingin mengecek (mengetes) perubahan yang Anda lakukan pada website Anda. Dengan cara ini, Anda dapat mengecek ada atau tidaknya kendala sebelum memutuskan untuk membuat perubahan itu live dan dapat dilihat oleh seluruh pengunjung website. Cara membuat Staging sendiri sangat mudah, karena sudah langsung disediakan oleh Softaculous Apps Installer melalui cPanel. Untuk membuat Staging, ikuti langkah-langkah di […]

Selengkapnya
related posts

Cara Mencegah Hack dan Malware di Website WordPress

Diperbarui pada 17 Maret 2021 Berdasarkan artikel WP WhiteSecurity, website WordPress sering menjadi target hacker. Dikatakan dari 40.000+ website WordPress, lebih dari 70% website rentan diserang hacker. Tentu ini membuat para penggunanya khawatir. Lantas apa saja yang membuat website WordPress mudah diserang? Penyebab Website WordPress Terkena Hack dan Malware Berikut hal yang membuat website WordPress […]

Selengkapnya