Apa yang harus saya lakukan jika email masuk spam?

Apabila email Anda masuk ke kotak spam si penerima, berikut beberapa penyebab umum mengapa hal itu sampai terjadi:

  • Record DNS Zone tidak lengkap
  • Konten terdeteksi sebagai spam.
  • Metode pengiriman email yang tidak tepercaya

Di panduan ini, kami akan menjelaskan beberapa opsi untuk mencegah email Anda agar tidak masuk ke kotak spam:

  1. Tandai sebagai “Not spam”
  2. Tambahkan verifikasi DNS
  3. Cek pengiriman email
  4. Ubah metode/cara pengiriman email

Tandai sebagai “Not spam”

Opsi ini memperbaiki masalah dari sisi penerima email. Minta penerima untuk mengklik atau menandai Not spam di semua email Anda. Nantinya email Anda tidak akan masuk ke kotak spam mereka lagi.

Tambahkan verifikasi DNS

Agar email tidak ditandai sebagai spam, email harus lolos pemeriksaan 2 tipe DNS record: SPF dan DKIM.

Pastikan kedua record tersebut aktif. Lihat panduan lengkapnya di sini:

Cek pengiriman email

Dalam beberapa kasus, email tidak masuk ke folder spam tetapi batal terkirim. Cek status pengiriman email keluar di hPanel dengan langkah-langkah di panduan ini: Cara cek Log Pengiriman Niagahoster Email

Untuk cPanel email, buka menu Email → Track Delivery of outgoing messages untuk melacak pengiriman email keluar.

Ubah metode/cara pengiriman email

Penyebab umum lainnya adalah penggunaan metode pengiriman pesan yang tidak tepercaya dan tidak aman, seperti fungsi phpmail().

Fungsi phpmail() memang diaktifkan di server kami dan dapat digunakan untuk sekali mengirim pesan (one-time sending) dan uji coba email. Untuk pengiriman pesan secara berkala, Anda wajib mengganti phpmail() dengan SMTP. Dengan begini, pengiriman email lebih aman dan tidak ditandai sebagai spam 💪

Kelebihan jika beralih ke SMTP adalah: jika pesan dikirim melalui phpmail(), pesannya akan terlihat seperti ini setelah sampai di inbox penerima:

Apabila email dikirim menggunakan SMTP, hanya domain Anda yang akan ditampilkan. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan si penerima pesan. 🚀

Jika Anda menggunakan WordPress sebagai platform website, pengaturan konfigurasi SMTP dapat dicek di panduan ini (dalam bahasa Inggris).

Artikel terkait:

Apakah artikel ini membantu?

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

Artikel Serupa


related posts

Bagaimana cara upgrade paket email?

Setiap akun email baru di hPanel memiliki kapasitas penyimpanan 1GB/mailbox. Jika Anda ingin meningkatkan kapasitas penyimpanan dan keamanan akun email, maka Anda bisa mengupgrade layanan email ke Business Starter atau Business Premium. Keuntungan upgrade layanan Cara upgrade Buka bagian Email di hPanel dan pilih domain: Kemudian pilih Upgrade plan untuk upgrade layanan: CATATAN: Bagaimana cara […]

Selengkapnya
related posts

Bagaimana cara ekspor email dengan Webmail Niagahoster?

Anda bisa mengekspor email ke format EML, MIME, atau Mbox dengan Webmail. Caranya, buka Webmail dan pilih email yang ingin diekspor. Anda bisa gunakan tombol Select untuk memilih email. Klik More → Download → pilih format: Setelah proses ekspor selesai, semua email akan didownload ke komputer Anda dalam format arsip. CATATAN: Apakah artikel ini membantu? […]

Selengkapnya
related posts

Cara membuat signature email untuk Niagahoster Email via webmail

Anda bisa membuat signature email menggunakan Webmail. Caranya, login ke akun Webmail, kemudian pilih Pengaturan → Identitas. Signature email ada di bagian bawah: Anda juga dapat klik ikon gambar untuk membuka opsi format atau menambah logo. Setelah signature selesai dibuat, klik Simpan: CATATAN: Apakah artikel ini membantu?

Selengkapnya