Cara Backup pada CyberPanel VPS Niagahoster

Diperbarui pada 21 Januari 2022

Backup adalah proses untuk membuat cadangan data. Dalam konteks ini berarti data sebuah website yang terintegrasi dengan CyberPanel. Pemilik perlu melakukan backup supaya data website dapat dikembalikan ketika website tiba-tiba mengalami masalah.

Hasil backup tersebut dapat Anda simpan secara online atau offline. CyberPanel dapat menyimpan di dalam direktori home dengan bentuk file GZ. Selain itu, Anda dapat mengunduh file backup untuk Anda simpan di penyimpanan lokal.

Aktivitas backup ini perlu dilakukan secara berkala. Anda dapat membuat jadwal backup harian atau mingguan di CyberPanel. Hal ini dilakukan supaya file backup sesuai dengan kondisi data terkini.

Lakukan restore atau pemulihan data website, jika sewaktu-waktu website mengalami masalah. Anda dapat melakukan restore file backup di CyberPanel supaya website dapat kembali seperti semula.

Semua fitur tersebut bisa Anda dapatkan jika menggunakan layanan VPS CyberPanel Niagahoster. Kemudian, pilih paket layanan sesuai kebutuhan Anda.

Silakan mengikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan backup website di CyberPanel.

Langkah 1 Buat Backup di CyberPanel

Pertama-tama Anda perlu membuat file backup untuk website Anda.

1. Masuk ke halaman Sign In CyberPanel dengan mengetik URL: https://IP-VPS-Anda:8090 pada web browser.

2. Anda akan diarahkan ke halaman login CyberPanel. Masukkan username dan password pada kolom isian. Untuk melanjutkan, klik tombol Sign In.

3. Di halaman dashboard CyberPanel, pilih menu Incremental Back up dan klik submenu Create/Restore Back up. Pada halaman Back Up Website, klik drop-down list Select Website untuk memilih website yang ingin Anda backup.

4. Pilih local pada drop-down list Destination. Kemudian, centang semua checkbox Backup Content: Data, Databases, dan Emails agar seluruh data website terbackup. Untuk melakukan proses backup, klik tombol Create Back up.

5. Selamat! Proses backup data website telah selesai. Anda turut dapat memastikan riwayat backup muncul pada daftar.

Langkah 2 Buat Jadwal Backup di CyberPanel

CyberPanel memberikan fitur untuk melakukan backup otomatis harian atau mingguan.

1. Di dashboard CyberPanel, pilih menu Incremental Back up dan klik submenu Schedule Back ups. Anda akan diarahkan ke halaman Schedule Backup.

2. Lengkapi informasi Schedule Back up dengan detail berikut:

Select Destination. Pilih lokasi penyimpanan file backup.
Select Frequency. Pilih frekuensi dalam melakukan backup, Daily atau Weekly.
Select Backup Retention. Isi jumlah hari, berapa lama file backup akan disimpan.
Backup Content. Centang semua checkbox untuk backup seluruh data website.

Untuk melanjutkan, klik tombol Add Destination.

3. Jadwal backup berhasil Anda atur. Selanjutnya, gulir ke bagian daftar penjadwalan backup.

4. Klik tombol Edit pada daftar penjadwalan backup.

5. Pop-up Edit Job akan muncul. Pilih tab Add Sites. Kemudian, klik drop-down list Select Site untuk memilih website yang akan Anda terapkan jadwal backup. Untuk melanjutkan, klik tombol Add.

6. Klik tab Sites. Selamat! Anda telah berhasil membuat jadwal backup untuk website.

Langkah 3 Restore Backup di CyberPanel

Lakukan restore atau pemulihan file backup, jika website Anda bermasalah.

1. Di dashboard CyberPanel, pilih menu Incremental Back up dan klik submenu Create/Restore Back up. Pada halaman Back Up Website, klik drop-down list Select Website untuk memilih website yang ingin Anda backup.

2. Gulir ke daftar riwayat backup. Anda akan melihat riwayat backup dengan informasi terakhir kali website di backup. Untuk melanjutkan proses restore, klik tombol Restore Points.

3. Pop-up Restore Point akan muncul. Lakukan pemulihan website yang bermasalah dengan klik tombol Restore ketiga file backup tersebut.

4. Proses restore file backup akan berjalan. Tunggu hingga muncul keterangan Completed.

5. Silakan akses website kembali dan Anda website sudah kembali seperti semula.

´╗┐

Apakah artikel ini membantu?

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

Artikel Serupa


related posts

Cara Mengubah Versi PHP di CyberPanel

Dibuat 16 Maret 2022 CyberPanel merupakan panel kontrol yang dapat digunakan untuk melakukan pengaturan pada layanan VPS CyberPanel. Sebenarnya, pengaturan VPS hanya bisa dilakukan melalui perintah Command Prompt. Hadirnya panel kontrol akan mempermudah pengguna dalam melakukan berbagai konfigurasi melalui tampilan Graphic User Interface (GUI). Salah satu hal yang dapat Anda lakukan yaitu pengaturan versi PHP. Dengan […]

Selengkapnya
related posts

Cara Menambahkan Pengguna dan Website di CyberPanel

Dibuat 17 Maret 2022 CyberPanel merupakan panel kontrol yang dapat digunakan untuk melakukan pengaturan pada layanan VPS CyberPanel´╗┐. Sebenarnya, pengaturan VPS hanya bisa dilakukan melalui perintah Command Prompt. Hadirnya panel kontrol akan mempermudah pengguna dalam melakukan berbagai konfigurasi melalui tampilan Graphic User Interface (GUI). Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah menambahkan pengguna yang dapat […]

Selengkapnya
related posts

Cara Instal SSL di CyberPanel

Dibuat 17 Maret 2022 CyberPanel merupakan panel kontrol yang dapat digunakan untuk melakukan pengaturan pada layanan VPS. Sebenarnya, pengaturan VPS hanya bisa dilakukan melalui perintah Command Prompt. Hadirnya panel kontrol akan mempermudah pengguna dalam melakukan berbagai konfigurasi melalui tampilan Graphic User Interface (GUI). Salah satu hal yang dapat Anda lakukan yaitu instalasi Secure Sockets Layer […]

Selengkapnya