Cara Cek Penggunaan Resource VPS Realtime Melalui SSH

Dibuat 18 Januari 2022

Virtual Private Server (VPS) merupakan layanan web hosting yang memberikan akses root secara penuh sehingga pengguna punya kontrol server lebih leluasa. Dengan layanan ini, Anda bisa melakukan konfigurasi server secara mandiri. 

Migrasi ke VPS sangat disarankan apabila jumlah kunjungan ke website Anda sudah terlalu tinggi dan tidak dapat sepenuhnya ditampung resource hosting yang Anda gunakan.

Anda juga bisa menggunakan panel kontrol VPS untuk melihat informasi resource. Namun, sering kali informasi resource yang tersedia di baris perintah SSH jauh lebih aktual (realtime) daripada laporan panel kontrol.

Artikel ini akan memberikan beberapa baris perintah umum yang dapat Anda gunakan untuk meninjau penggunaan resource VPS Anda melalui SSH.

Perintah # top

Perintah top dapat menampilkan data terkait kinerja dari semua proses yang berjalan dalam suatu sistem. Secara default, perintah teratas memperbarui data setiap 5 detik.

1. Akses SSH VPS Anda terlebih dahulu.

2. Masukkan perintah top atau top -i pada Terminal.

3. Selamat! Data resource VPS Anda akan ditampilkan secara realtime. Data akan diperbarui otomatis setiap beberapa detik. Jika ingin keluar, Anda cukup menekan CTRL + C.

Perintah # htop

Perintah htop dapat menampilkan daftar lengkap proses yang sedang berjalan berdasarkan ncurses. Perintah ini menyajikan informasi yang mudah dimengerti. Terdapat grafik sederhana di bagian atas yang berisi informasi penggunaan CPU, memori, dan swap.

1. Akses SSH VPS Anda terlebih dahulu.

2. Anda perlu menginstal htop terlebih dahulu pada VPS. Masukkan perintah berikut:

  • sudo yum install htop (CentOS)
  • sudo apt-get install htop (Ubuntu)

Pada panduan ini kami menggunakan sistem operasi CentOS.

3. Masukkan perintah y untuk melanjutkan proses instalasi htop.

4. Setelah htop terinstal, Anda dapat memasukkan perintah htop untuk melihat resource VPS.

5. Selamat! Data resource VPS Anda akan ditampilkan secara realtime. Data akan diperbarui otomatis setiap beberapa detik. Jika ingin keluar, Anda cukup menekan CTRL + C.

Perintah # glances

Glances adalah tools yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman Python. Glance dapat memantau kinerja CPU, Load Average, Memory, Network Interfaces, Disk I/O, dan Processes and File System.

1. Akses SSH VPS Anda terlebih dahulu.

2. Anda perlu menginstal glances terlebih dahulu pada VPS. Masukkan perintah berikut:

  • sudo yum install glances (CentOS)
  • sudo apt-get install glances (Ubuntu)

Pada panduan ini kami menggunakan sistem operasi CentOS.

3. Masukkan perintah y untuk melanjutkan proses instalasi glances.

4. Setelah glances terinstal, Anda dapat memasukkan perintah glances untuk melihat resource VPS.

5. Selamat! Data resource VPS Anda akan ditampilkan secara realtime. Data akan diperbarui otomatis setiap beberapa detik. Jika ingin keluar, Anda cukup menekan CTRL + C.


Dari ketiga perintah di atas, Anda dapat memilihnya untuk melihat resource VPS secara realtime. Apakah resource yang digunakan sekarang sudah cukup sesuai kebutuhan?

Apakah artikel ini membantu?

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

Artikel Serupa


related posts

Cara Menunjuk Domain ke Server Minecraft

Menunjuk domain ke server Minecraft Anda adalah cara yang bagus untuk mengganti alamat IP dengan domain atau subdomain untuk masuk ke server Anda. Arahkan Domain Anda dapat mengarahkan domain Anda ke VPS dengan membuat dua A record atau satu A dan satu CNAME record . Setelah itu, Anda harus membuat catatan SRV seperti ini : […]

Selengkapnya
related posts

Cara Mengubah Versi PHP di CyberPanel

Dibuat 16 Maret 2022 CyberPanel merupakan panel kontrol yang dapat digunakan untuk melakukan pengaturan pada layanan VPS CyberPanel. Sebenarnya, pengaturan VPS hanya bisa dilakukan melalui perintah Command Prompt. Hadirnya panel kontrol akan mempermudah pengguna dalam melakukan berbagai konfigurasi melalui tampilan Graphic User Interface (GUI). Salah satu hal yang dapat Anda lakukan yaitu pengaturan versi PHP. Dengan […]

Selengkapnya
related posts

Cara Menambahkan Pengguna dan Website di CyberPanel

Dibuat 17 Maret 2022 CyberPanel merupakan panel kontrol yang dapat digunakan untuk melakukan pengaturan pada layanan VPS CyberPanel´╗┐. Sebenarnya, pengaturan VPS hanya bisa dilakukan melalui perintah Command Prompt. Hadirnya panel kontrol akan mempermudah pengguna dalam melakukan berbagai konfigurasi melalui tampilan Graphic User Interface (GUI). Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah menambahkan pengguna yang dapat […]

Selengkapnya