Cara Instal phpMyAdmin di CentOS 7

Dibuat 18 Desember 2021

phpMyAdmin merupakan salah satu Database Management System (DBMS) berbasis website yang banyak digunakan oleh developer. Dengan DBMS ini, Anda dapat mengelola relasi database MySQL atau MariaDB. Fungsi lain seperti User Privileges, Query Execution, dan Import Export juga bisa Anda lakukan melalui phpMyAdmin.

Berkaitan dengan itu, phpMyAdmin dapat Anda instal pada CentOS, yaitu sistem operasi yang didistribusikan oleh Linux dan seringkali digunakan pada Virtual Private Server (VPS). Pada layanan Cloud VPS Hosting Niagahoster menyediakan hingga CentOS ke-7.

Panduan ini akan menjelaskan cara untuk menginstal phpMyAdmin di CentOS 7. Dengan catatan, Anda sudah menginstal CentOS 7 pada layanan VPS yang digunakan.

Langkah-langkah Instal phpMyAdmin di CentOS 7

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menginstal phpMyAdmin pada CentOS 7.

Langkah 1 Akses SSH VPS

Anda perlu mengakses SSH VPS terlebih dahulu. Ikuti langkah-langkahnya pada artikel berikut: Cara Mengakses SSH di Niagahoster. Harap diingat untuk mengeksekusi setiap perintah SSH, Anda bisa menekan tombol Enter pada keyboard.

Langkah 2 Instal dan Konfigurasi MariaDB

Anda juga perlu memasang MariaDB dan membuat password database agar dapat login root phpMyAdmin melalui browser. Baca langkah-langkahnya pada artikel: Cara Instal MariaDB di CentOS 7.

Langkah 3 Instal dan Konfigurasi phpMyAdmin

Sekarang, Anda bisa melanjutkan proses instal phpMyAdmin di CentOS 7.

1. Masukkan perintah yum -y install epel-release untuk menambahkan Extra Packages for Enterprise Linux (EPEL) sebelum dapat menginstal phpMyAdmin.

2. Setelah Anda berhasil menambahkan EPEL, masukkan perintah yum install php php-mysql untuk menginstal PHP MySQL.

3. Masukkan perintah y untuk menyetujui proses download PHP MySQL.

4. PHP MySQL berhasil Anda instal. Selanjutnya, masukkan perintah yum install -y phpmyadmin untuk menginstal phpMyAdmin.

5. phpMyAdmin berhasil Anda instal. Namun, Anda perlu melakukan konfigurasi sebelum dapat menggunakan phpMyAdmin melalui browser. Caranya masukkan perintah nano /etc/httpd/conf.d/phpMyAdmin.conf seperti screenshot di bawah.

6. File phpMyAdmin.conf akan terbuka. Perhatikan screenshot di bawah. Anda perlu menambahkan baris kode Allow from all. Kemudian, tambahkan # di depan Require ip 127.0.0.1 dan Require ip::1 agar baris kode nonaktif. Tepat di bawahnya, tambahkan Require all granted. Untuk menyimpan konfigurasi, tekan tombol CTRL + X.

7. Lanjutkan proses penyimpanan dengan menekan tombol Y di keyboard.

8. Untuk menyelesaikan proses penyimpanan, tekan tombol Enter di keyboard.

9. Setelah melakukan konfigurasi, masukkan perintah systemctl restart httpd dan systemctl restart mariadb untuk memuat ulang web server dan MariaDB. Dengan begitu, phpMyAdmin sudah siap Anda gunakan.

Langkah 4 Buka phpMyAdmin

Terakhir, Anda dapat mengakses phpMyAdmin melalui browser dan siap mengelola database.

1. Masukkan URL IP-VPS-Anda/phpmyadmin pada browser Anda.

2. Anda akan diarahkan ke halaman login phpMyAdmin. Masukkan root pada kolom Nama Pengguna dan masukkan password MariaDB pada kolom Kata Sandi. Untuk melanjutkan login, klik tombol Kirim.

3. Selamat! Anda berhasil mengakses phpMyAdmin dan siap mengelola database melalui browser.

Apakah artikel ini membantu?

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

Artikel Serupa


related posts

Cara Mengubah Versi PHP di CyberPanel

Dibuat 16 Maret 2022 CyberPanel merupakan panel kontrol yang dapat digunakan untuk melakukan pengaturan pada layanan VPS CyberPanel. Sebenarnya, pengaturan VPS hanya bisa dilakukan melalui perintah Command Prompt. Hadirnya panel kontrol akan mempermudah pengguna dalam melakukan berbagai konfigurasi melalui tampilan Graphic User Interface (GUI). Salah satu hal yang dapat Anda lakukan yaitu pengaturan versi PHP. Dengan […]

Selengkapnya
related posts

Cara Menambahkan Pengguna dan Website di CyberPanel

Dibuat 17 Maret 2022 CyberPanel merupakan panel kontrol yang dapat digunakan untuk melakukan pengaturan pada layanan VPS CyberPanel´╗┐. Sebenarnya, pengaturan VPS hanya bisa dilakukan melalui perintah Command Prompt. Hadirnya panel kontrol akan mempermudah pengguna dalam melakukan berbagai konfigurasi melalui tampilan Graphic User Interface (GUI). Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah menambahkan pengguna yang dapat […]

Selengkapnya
related posts

Cara Instal SSL di CyberPanel

Dibuat 17 Maret 2022 CyberPanel merupakan panel kontrol yang dapat digunakan untuk melakukan pengaturan pada layanan VPS. Sebenarnya, pengaturan VPS hanya bisa dilakukan melalui perintah Command Prompt. Hadirnya panel kontrol akan mempermudah pengguna dalam melakukan berbagai konfigurasi melalui tampilan Graphic User Interface (GUI). Salah satu hal yang dapat Anda lakukan yaitu instalasi Secure Sockets Layer […]

Selengkapnya