Cara Melakukan Staging Website WordPress di CyberPanel VPS Niagahoster

Diperbarui pada 20 Januari 2022

Staging adalah proses melakukan clone sebuah website ke domain lain untuk melakukan uji coba sebelum diterapkan ke domain utama. Biasanya digunakan ketika pemilik ingin melakukan perubahan website secara drastis.

Misalnya, saat akan melakukan perubahan tampilan website. Bisa saja website mengalami perubahan tata letak komponen yang tidak sesuai harapan. Tentu Anda tidak ingin pengunjung melihat website yang tampak tidak teratur.

Untuk itu, Staging website akan menyalin semua komponen website utama ke domain yang berbeda. Anda dapat melakukan pengujian di staging website tanpa memengaruhi website utama. Setelah selesai, Anda dapat langsung menyinkronkan staging website ke website utama.

Fitur WordPress Staging bisa Anda dapatkan di VPS CyberPanel murah Niagahoster. Hindari risiko eksperimen website secara langsung. Lakukan eksperimen serta perubahan pada staging sebelum melakukan perilisan website.

Silakan ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat staging di website WordPress Anda.

Langkah-langkah Staging Website WordPress di CyberPanel VPS Niagahoster

Langkah 1 Buat Staging dari Live Website

Lakukan staging pada website Anda yang sedang berjalan saat ini.

1. Masuk ke halaman Sign In CyberPanel dengan mengetik URL: https://IP-VPS-Anda:8090 pada web browser.

2. Anda akan diarahkan ke halaman login CyberPanel. Masukkan username berikut denagn password pada kolom isian. Untuk melanjutkan, klik tombol Sign In.

3. Pilih menu Websites dan klik submenu List Websites. Anda akan diarahkan ke halaman List Websites, kemudian pilih website dan klik Manage untuk mengelola website.

4. Halaman manage website akan tampil. Untuk membuat staging website, klik tombol Clone/Staging.

5. Pada halaman Set Up Staging Environment, isi kolom Domain dengan nama subdomain untuk staging website. Contoh: staging.namadomain.com. Untuk memulai proses pembuatan staging, klik tombol Start Cloning.

6. Selamat! Anda telah berhasil membuat website Staging

Langkah 2 Akses dan Kelola Staging Website

Setelah melakukan staging, Anda dapat mengelola staging website.

1. Akses staging website dengan URL staging.namadomain.com di web browser.

2. Anda akan melihat tampilan halaman sama persis dengan live website.

3. Selanjutnya, kelola staging website WordPress melalui dashboard. Akses dengan URL: staging.namadomain.com/wp-admin di web browser.

4. Halaman login ke dashboard WordPress akan tampil. Masukkan username dan password. Untuk melanjutkan login, klik tombol Log In.

5. Selamat! Anda dapat mengelola staging website di dashboard WordPress.

Langkah 3 Sinkronisasi Staging Website ke Live Website

Terapkan hasil kelola staging website ke live website Anda.

1. Pada dashboard CyberPanel, pilih menu Websites kemudian klik submenu List Websites. Anda akan diarahkan ke halaman List Websites. Setelah itu, pilih website dan klik Manage untuk mengelola website.

2. Anda akan diarahkan ke halaman manage website. Gulir ke bagian Domains.

3. Pada bagian Domains, klik menu List Domains.

4. Daftar subdomain akan ditampilkan. Pilih subdomain staging.namadomain.com. Untuk melakukan proses sinkronisasi, klik ikon di kolom Launch.

5. Anda akan diarahkan ke halaman manage subdomain staging. Untuk melanjutkan, klik tombol Copy/Sync to Master.

6. Anda akan melihat halaman Sync Your Site to Master. Pilih komponen apa saja yang ingin Anda sinkronisasi ke live website. Kemudian, beri tanda centang pada checkbox What to Sync. Untuk memulai proses sinkronisasi, klik tombol Start Syncing.

7. Tunggu proses sinkronisasi hingga selesai. Pastikan sudah terdapat keterangan Successfully Installed pada halaman tersebut.

8. Silakan akses live website dengan web browser.

9. Selamat! Hasil kelola di staging website berhasil Anda terapkan ke live website.



Apakah artikel ini membantu?

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

Artikel Serupa


related posts

Cara Mengubah Versi PHP di CyberPanel

Dibuat 16 Maret 2022 CyberPanel merupakan panel kontrol yang dapat digunakan untuk melakukan pengaturan pada layanan VPS CyberPanel. Sebenarnya, pengaturan VPS hanya bisa dilakukan melalui perintah Command Prompt. Hadirnya panel kontrol akan mempermudah pengguna dalam melakukan berbagai konfigurasi melalui tampilan Graphic User Interface (GUI). Salah satu hal yang dapat Anda lakukan yaitu pengaturan versi PHP. Dengan […]

Selengkapnya
related posts

Cara Menambahkan Pengguna dan Website di CyberPanel

Dibuat 17 Maret 2022 CyberPanel merupakan panel kontrol yang dapat digunakan untuk melakukan pengaturan pada layanan VPS CyberPanel. Sebenarnya, pengaturan VPS hanya bisa dilakukan melalui perintah Command Prompt. Hadirnya panel kontrol akan mempermudah pengguna dalam melakukan berbagai konfigurasi melalui tampilan Graphic User Interface (GUI). Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah menambahkan pengguna yang dapat […]

Selengkapnya
related posts

Cara Instal SSL di CyberPanel

Dibuat 17 Maret 2022 CyberPanel merupakan panel kontrol yang dapat digunakan untuk melakukan pengaturan pada layanan VPS. Sebenarnya, pengaturan VPS hanya bisa dilakukan melalui perintah Command Prompt. Hadirnya panel kontrol akan mempermudah pengguna dalam melakukan berbagai konfigurasi melalui tampilan Graphic User Interface (GUI). Salah satu hal yang dapat Anda lakukan yaitu instalasi Secure Sockets Layer […]

Selengkapnya