Cara Membuat Nameserver VestaCP


Vesta Control Panel (VestaCP) merupakan control panel hosting yang bersifat open-source. Anda dapat mengelola website, membuat database email, melakukan konfigurasi database  MySQL, mengelola DNS records, dan lain-lain.

Untuk membuat name server VestaCP, Anda perlu mendaftarkan name server untuk domain Anda terlebih dahulu.

Langkah-langkah Membuat Name Server VestaCP

1. Masuk ke Client Area Niagahoster.

2. Pada bagian Layanan Anda, Anda akan menemukan tab Domain. Tab ini berisi nama domain Anda yang terdaftar pada layanan Niagahoster.

Domain

3. Klik tombol Kelola Domain pada nama domain yang akan Anda konfigurasikan.

Kelola domain

4. Pada bagian Pengaturan Domain, pilih Child Name.

Child name

5. Klik tombol Add New Record pada di bawah bagian Child Name Server.

Child name server add new record

6. Masukkan name server Anda pada kolom isian Child Name Server Name. Isi name server dengan format ns1.domainanda.com atau ns2.domainanda.com. Kemudian, masukkan IP Address Virtual Private Server Anda. Klik Save Changes untuk menyimpan.

Add new name server

7. Setelah semua langkah di atas Anda lakukan, kini saatnya membuat name server di dashboard VestaCP. Pertama-tama, silakan masuk ke dashboard VestaCP.

8. Klik menu User, kemudian pilih Edit.

9. Scroll ke bawah dan Anda akan menemukan Default Name Servers. Pada kolom isian yang tersedia, masukkan name server sesuai dengan yang telah Anda daftarkan di Client Area Niagahoster. Klik Save untuk menyimpan.

10. Selamat! Anda telah berhasil menambahkan name server pada VestaCP. Jika Anda ingin mengarahkan nama domain ke vps hosting , Anda dapat menambahkan Addon Domain pada VestaCP dan memperbaruinya pada Client Niagahoster.

Apakah artikel ini membantu?

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

Artikel Serupa


related posts

Cara Menunjuk Domain ke Server Minecraft

Menunjuk domain ke server Minecraft Anda adalah cara yang bagus untuk mengganti alamat IP dengan domain atau subdomain untuk masuk ke server Anda. Arahkan Domain Anda dapat mengarahkan domain Anda ke VPS dengan membuat dua A record atau satu A dan satu CNAME record . Setelah itu, Anda harus membuat catatan SRV seperti ini : […]

Selengkapnya
related posts

Cara Mengubah Versi PHP di CyberPanel

Dibuat 16 Maret 2022 CyberPanel merupakan panel kontrol yang dapat digunakan untuk melakukan pengaturan pada layanan VPS CyberPanel. Sebenarnya, pengaturan VPS hanya bisa dilakukan melalui perintah Command Prompt. Hadirnya panel kontrol akan mempermudah pengguna dalam melakukan berbagai konfigurasi melalui tampilan Graphic User Interface (GUI). Salah satu hal yang dapat Anda lakukan yaitu pengaturan versi PHP. Dengan […]

Selengkapnya
related posts

Cara Menambahkan Pengguna dan Website di CyberPanel

Dibuat 17 Maret 2022 CyberPanel merupakan panel kontrol yang dapat digunakan untuk melakukan pengaturan pada layanan VPS CyberPanel´╗┐. Sebenarnya, pengaturan VPS hanya bisa dilakukan melalui perintah Command Prompt. Hadirnya panel kontrol akan mempermudah pengguna dalam melakukan berbagai konfigurasi melalui tampilan Graphic User Interface (GUI). Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah menambahkan pengguna yang dapat […]

Selengkapnya