Cara Menambahkan Featured Image atau Thumbnail di Post WordPress

Dibuat 13 September 2021

Featured Image atau lebih sering dikenal Thumbnail adalah fitur untuk mengunggah gambar unggulan sebuah post di WordPress.

Gambar yang akan tampil ketika post telah terbit di halaman beranda website. Selain itu, ketika post Anda bagikan ke media sosial, gambar tersebut juga akan tampil.

Semua tema WordPress hadir dengan dukungan Featured Image atau Thumbnail. Fitur ini akan membantu Anda membuat halaman website terlihat lebih menarik. Dengan begitu pengunjung akan tertarik untuk klik post dan meningkatkan jumlah view dari post tersebut.

Langkah-langkah Menambahkan Featured Image atau Thumbnail

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menambahkan Featured Image atau Thumbnail di post WordPress.

1. Masuk ke dashboard WordPress.

2. Di dashboard WordPress, pilih menu Posts dan klik submenu Add New untuk menambahkan post baru.

3. Anda akan diarahkan ke halaman Add New Post. Tuliskan Judul dan Isi dari post yang akan Anda terbitkan.

4. Pada pengaturan di sebelah kanan, temukan Featured image. Kemudian, klik area Set featured image untuk mengunggah gambar.

5. Pop-up Featured image akan tampil. Pilih tab Upload files untuk mengunggah file gambar. Untuk mencari file di penyimpanan lokal, klik tombol Select Files.

6. Jendela File Explorer akan muncul. Cari dan pilih file gambar yang akan Anda unggah. Lalu, klik tombol Open untuk melanjutkan.

7. File gambar berhasil Anda unggah ke Media Library dan otomatis tercentang. Selanjutnya, klik tombol Set featured image untuk menetapkan gambar.

8. Featured Image atau Thumbnail berhasil Anda tetapkan. Untuk menerbitkan post, klik tombol Publish di bagian atas.

9. Akan tampil Pre-publish Checks untuk memastikan sekali lagi sebelum post diterbitkan. Untuk melanjutkan proses penerbitan, klik tombol Publish.

10. Post berhasil Anda terbitkan. Untuk melihat post, klik tombol View Post.

11. Selamat! Featured Image atau Thumbnail berhasil tampil pada halaman post.

12. Silakan kunjungi halaman utama website. Anda juga akan melihat tampilan Featured Image atau Thumbnail untuk setiap post.



Apakah artikel ini membantu?

4
5

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

Artikel Serupa


related posts

Cara Restore WordPress System Files

Jika file sistem WordPress Anda rusak, dan ingin mencoba menyimpan perubahan terbaru ke situs web Anda, Anda hanya memulihkan file sistem WordPress . Berikut adalah dua metode alternatif: Opsi mana pun yang Anda pilih, Anda tidak perlu melakukan perubahan apa pun pada database. Opsi SSH adalah yang termudah karena Anda hanya perlu menjalankan satu perintah, […]

Selengkapnya
related posts

10 Fakta Mengagumkan Mengapa Anda Membutuhkan WordPress

WordPress adalah platform blogging yang sangat populer di dunia. Oke, mungkin Anda sudah tahu itu. Platform blogging yang diciptakan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2003 ini telah menjelma menjadi ‘penguasa’ dunia blogging hanya dalam kurun waktu sebelas tahun sejak peluncuran perdananya.  Rasanya kami tidak perlu menjelaskan secara panjang lebar kembali segala kehebatan yang […]

Selengkapnya
related posts

Cara Export dan Import Tema WordPress

Diperbarui 27 April 2022 Tema WordPress merupakan file yang menentukan model tampilan dari website WordPress. Untuk mengambil file dari tema WordPress yang sedang diterapkan, Anda dapat melakukan Export untuk mengunduh file tema. Sedangkan apabila ingin mengganti tema WordPress yang sedang diterapkan dengan sebuah file tema yang baru, Anda dapat melakukan Import. Panduan ini terbagi menjadi […]

Selengkapnya