Cara Mengatasi Error Establishing a Database Connection pada WordPress

Dibuat pada 12 Mei 2021

Error Establishing a Database Connection” merupakan pesan ketika WordPress gagal terhubung dengan database. Penyebab hal ini adalah data di database tidak bisa diakses oleh WordPress. Halaman website kemudian akan menampilkan pesan kesalahan seperti ini.

Kesalahan tersebut mengakibatkan website tidak bisa diakses, trafik menurun, dan mungkin akan memengaruhi reputasi website. Anda perlu bergegas menyelesaikan masalah ini supaya website kembali normal.

Ada beberapa penyebab munculnya pesan error ini pada website:

  • Informasi kredensial database yang salah.
  • Database yang corrupt.
  • Server sedang down.

Langkah-langkah Mengatasi Error Establishing a Database Connection

Ada beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengatasi error ini:

  1. Cek Informasi Kredensial Database: Langkah ini perlu Anda lakukan untuk memastikan kredensial database telah sesuai. Kredensial database merupakan prasyarat supaya WordPress terhubung dengan database.
  2. Perbaiki Database: Langkah ini juga perlu Anda lakukan untuk memperbaiki masalah pada database. Anda bisa menggunakan fitur Repair Database di cPanel. 
  3. Restore Backup Database Website: Langkah ini opsional Anda lakukan. Anda dapat memulihkan backup database website, jika sebelumnya telah melakukan proses backup.

Cek Informasi Kredensial Database

Anda perlu memastikan informasi kredensial database pada file wp-config.php telah sesuai. File ini yang akan menjembatani antara website WordPress dengan database Anda. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengeceknya.

1. Masuk ke Member Area Niagahoster.

1 Login Member Area Niagahoster (Edit)

2. Pilih menu Layanan Anda, kemudian pilih submenu Hosting. Pilih layanan hosting aktif yang ingin Anda kelola, kemudian klik Kelola Hosting.

2 Layanan Anda   Hosting   Pilih Hosting Aktif   Kelola Hosting (Edit)

3. Anda akan diarahkan ke tab cPanel pada Pengaturan Hosting. Kemudian, pilih File Manager untuk mengelola file hosting Anda.

3 tab cPanel   Pilih File Manager (Edit)

4. Anda akan berada di halaman File Manager. Silakan masuk ke direktori public_html. Cari dan klik kanan pada file wp-config.php. Deretan menu pengaturan akan tampil. Untuk menampilkan isi file wp-config.php, pilih View.

4 Di File Manager   Cari dan Klik Kanan file wp config   Klik View (Edit)

5. Anda akan melihat isi dari file wp-config.php. Untuk menemukan informasi kredensial database, Anda perlu gulir ke bawah. Kemudian, catat atau salin informasi berikut:

  • DB_NAME (Nama database)
  • DB_USER (Username)
  • DB_PASSWORD (Password)
  • DB_HOST (Host database)
  • $table_prefix (Table Prefix database)
5 Catat informasi login database (Edit)

Gulir lagi ke bawah untuk menemukan informasi Table Prefix database.

5 Catat table prefix (Edit)

6. Silakan kembali ke tab cPanel pada Pengaturan Hosting. Kemudian, pilih MySqlDB untuk mengecek informasi kredensial database Anda.

6 tab cPanel   Klik MySqlDB (Edit)

7. Halaman MySQL Databases akan ditampilkan. Gulir ke bawah untuk menemukan bagian Current Databases. Anda bisa memastikan apakah informasi kredensial database telah sesuai dengan kode di file wp-config.php.

7 Current Databases   Catat (Edit)

8. Jika informasi kredensial database di file wp-config.php berbeda dengan pengaturan di MySQL Databases, Anda bisa mengedit file tersebut. Klik kanan pada file wp-config.php dan Anda akan melihat deretan menu pengaturan. Pilih Edit untuk mengedit file.

8 Edit file wp config (Edit)

9. Anda akan melihat jendela pop-up konfirmasi. Jendela yang berisi informasi bahwa Anda akan mengedit file wp-config.php. Klik tombol Edit untuk melanjutkan.

9 Konfirmasi   Klik Edit (Edit)

10. Ubah bagian berikut ini pada file wp-config.php agar informasi kredensial database sesuai.

define( 'DB_NAME', 'nama_database' );
define( 'DB_USER', 'username' );
define( 'DB_PASSWORD', 'password' );
define( 'DB_HOST', 'localhost' );

Kemudian, klik Save Changes untuk menyimpan perubahan.

10 Sesuaikan informasi database   Klik Save Changes (Edit)

11. Muncul notifikasi sukses ketika file wp-config berhasil Anda ubah. Anda bisa mengakses kembali website pada browser. Akan tetapi, jika langkah ini belum menyelesaikan masalah, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

11 Pesan sukses (Edit)

Perbaiki Database

Anda juga bisa memperbaiki database untuk mengatasi error ini. cPanel telah menyediakan fitur untuk repair database. Ikuti langkah-langkah di bawah untuk memperbaiki database.

1. Masuk ke Member Area Niagahoster.

1 Login Member Area Niagahoster (Edit)

2. Pilih menu Layanan Anda, kemudian pilih submenu Hosting. Pilih layanan hosting aktif yang ingin Anda kelola, kemudian klik Kelola Hosting.

2 Layanan Anda   Hosting   Pilih Hosting Aktif   Kelola Hosting (Edit)

3. Anda akan diarahkan ke tab cPanel pada Pengaturan Hosting. Kemudian, pilih MySqlDB untuk mengelola database Anda.

3 tab cPanel   Klik MySqlDB (Edit)

4. Halaman MySQL Databases akan ditampilkan. Gulir ke bawah untuk menemukan bagian Modify Databases. Selanjutnya, pada kolom Repair Database pilih database yang ingin Anda perbaiki. Klik tombol Repair Database untuk mulai memperbaiki database.

4 Bagian Modify Databases   Repair Database (Edit)

5. Selamat! Proses perbaikan sudah selesai.

5 Database berhasil diperbaiki (Edit)

6. Anda bisa mengakses kembali halaman website pada browser. Jika langkah ini belum juga menyelesaikan masalah, Anda dapat melanjutkan ke langkah terakhir.

Restore Backup Database Website

Backup bisa Anda lakukan sebagai tindakan preventif supaya data tidak hilang. Jika Anda telah melakukan backup pada database website, Anda bisa memulihkan file backup tersebut.

Catatan: Setelah Anda memulihkan file backup, database akan kembali seperti semula sesuai tanggal dilakukan backup database.

Ikuti langkah-langkah di artikel ini untuk memulihkan backup database Anda:

Kemudian, Anda bisa mengakses kembali halaman website pada browser.

Apakah artikel ini membantu?

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

Artikel Serupa


related posts

Cara Export dan Import Tema WordPress

Diperbarui 27 April 2022 Tema WordPress merupakan file yang menentukan model tampilan dari website WordPress. Untuk mengambil file dari tema WordPress yang sedang diterapkan, Anda dapat melakukan Export untuk mengunduh file tema. Sedangkan apabila ingin mengganti tema WordPress yang sedang diterapkan dengan sebuah file tema yang baru, Anda dapat melakukan Import. Panduan ini terbagi menjadi […]

Selengkapnya
related posts

Cara Melakukan Konfigurasi Plugin WooCommerce di Website WordPress

Dibuat 17 September 2021 WooCommerce adalah e-commerce plugin untuk website WordPress. Plugin ini dirancang khusus untuk pedagang online yang menggunakan website WordPress. Dengan plugin WooCommerce, Anda dapat membangun toko online dengan praktis. Produk yang Anda pasarkan dapat Anda tampilkan dengan mudah di website. Anda bisa menambahkan berbagai produk melalui dashboard. Plugin memang dikembangkan untuk website […]

Selengkapnya
related posts

Cara Melihat Traffic Visitor Website Menggunakan Plugin Google Site Kit pada WordPress

Dibuat pada 11 Januari 2022 Traffic Visitor adalah tingkat kepadatan lalu lintas pengunjung yang sedang membuka website Anda dalam kurun waktu tertentu. Sementara, Google Site Kit adalah plugin WordPress yang dapat menampilkan data dari tool Analytics Google pada dashboard. Anda dapat memantau lalu lintas serta aktivitas pengunjung website WordPress dengan mudah menggunakan Plugin Google Site […]

Selengkapnya