Cara Mengatasi Warning: Remote Host Identification Has Changed pada VPS

Dibuat 25 Oktober 2021

Ada beberapa cara untuk mengakses SSH. Salah satunya dengan pasangan Public dan Private Key yang dibuat secara otomatis untuk mengenkripsi koneksi jaringan. Dengan demikian, Anda harus melakukan autentikasi pasangan Key sebelum mengakses SSH.

Public dan Private Key bisa Anda perbarui secara berkala untuk menjaga keamanan server. Berkaitan dengan itu, pesan peringatan di bawah akan muncul pada Command Prompt. Pesan ini normal, setelah Anda memperbarui pasangan Key SSH.

2 Cara Mengatasi Warning: Remote Host Identification Has Changed pada VPS

Terdapat setidaknya dua cara mengatasi Warning: Remote Host Identification Has Changed. Anda dapat melakukan pengecekan satu per satu dengan tidak berurutan sesuai dengan cara-cara di bawah ini.

  1. Edit File known_hosts. Buka file dan hapus baris yang disebut pada pesan peringatan.
  2. Perintah ssh-keygen. Hapus seluruh riwayat IP pada server.

1. Edit File known_hosts

Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan edit file known_hosts.

1. Perhatikan pesan: Offending RSA key in /Users/isaacalves/.ssh/known_hosts:12 pada peringatan. Berdasarkan pesan tersebut, terdapat Invalid Key di baris ke-12 pada file known_hosts.

Catatan: Lokasi baris akan berbeda pada pesan peringatan Anda. Harap sesuaikan dengan pesan peringatan yang muncul.

2. Jalankan perintah di bawah untuk melakukan edit file known_hosts tersebut. Sesuaikan perintah dengan path dari file known_hosts Anda. Kemudian, Anda bisa hapus Invalid Key pada baris ke-12 di file known_hosts.

3. Silakan coba kembali untuk melakukan remote server VPS melalui SSH. Seharusnya pesan peringatan sudah tidak muncul.

2. Perintah ssh-keygen

Anda juga bisa ikuti cara kedua dengan menjalankan perintah ssh-keygen.

1. Jalankan perintah di bawah untuk menghapus riwayat IP di server Anda.


2. Setelah Anda menjalankan perintah di atas, maka riwayat IP server akan terhapus. Silakan coba kembali untuk melakukan remote server melalui SSH.

Apakah artikel ini membantu?

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

Artikel Serupa


related posts

Cara Mengubah Versi PHP di CyberPanel

Dibuat 16 Maret 2022 CyberPanel merupakan panel kontrol yang dapat digunakan untuk melakukan pengaturan pada layanan VPS CyberPanel. Sebenarnya, pengaturan VPS hanya bisa dilakukan melalui perintah Command Prompt. Hadirnya panel kontrol akan mempermudah pengguna dalam melakukan berbagai konfigurasi melalui tampilan Graphic User Interface (GUI). Salah satu hal yang dapat Anda lakukan yaitu pengaturan versi PHP. Dengan […]

Selengkapnya
related posts

Cara Menambahkan Pengguna dan Website di CyberPanel

Dibuat 17 Maret 2022 CyberPanel merupakan panel kontrol yang dapat digunakan untuk melakukan pengaturan pada layanan VPS CyberPanel´╗┐. Sebenarnya, pengaturan VPS hanya bisa dilakukan melalui perintah Command Prompt. Hadirnya panel kontrol akan mempermudah pengguna dalam melakukan berbagai konfigurasi melalui tampilan Graphic User Interface (GUI). Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah menambahkan pengguna yang dapat […]

Selengkapnya
related posts

Cara Instal SSL di CyberPanel

Dibuat 17 Maret 2022 CyberPanel merupakan panel kontrol yang dapat digunakan untuk melakukan pengaturan pada layanan VPS. Sebenarnya, pengaturan VPS hanya bisa dilakukan melalui perintah Command Prompt. Hadirnya panel kontrol akan mempermudah pengguna dalam melakukan berbagai konfigurasi melalui tampilan Graphic User Interface (GUI). Salah satu hal yang dapat Anda lakukan yaitu instalasi Secure Sockets Layer […]

Selengkapnya