Cara Mengatur Fitur Whatsapp di Website

Anda akan mendapatkan fitur Whatsapp, jika Anda menggunakan paket Jasa Pembuatan Website Niagaweb . Fitur Whatsapp ini digunakan sebagai sarana untuk komunikasi antar pemilik website sebagai penjual/penyedia jasa dengan pengunjung website sebagai calon pembeli/pengguna jasa.

Untuk fitur Whatsapp yang dipasang di website Anda menggunakan plugin Click to Chat. Plugin Whatsapp ini  merupakan salah satu plugin populer dengan banyak fitur canggih. Plugin ini akan berfungsi untuk mengirimkan pesan via Whatsapp ke nomor yang sudah disimpan dan juga untuk mempermudah orang lain untuk menghubungi Anda. 

Plugin Click to Chat memiliki berbagai macam fitur-fitur yang bisa Anda gunakan, yaitu :

  • Pre-defined Styles : Plugin ini menawarkan sembilan style tombol yang bisa Anda pilih.
  • Position to Place : Anda dapat mengatur posisi dari button Whatsapp di layar dengan bebas, tidak hanya terbatas pada posisi yang tetap.
  • Custom Element : Anda dapat melakukan kostumisasi gambar pilihan dengan mengupload gambar atau GIF milik Anda sendiri.
  • Shortcode : Anda bisa menggunakan shortcode untuk menampilkan Whatsapp pada widget/halaman tertentu di website Anda.
  • Analytics : Anda bisa mengintegrasikan fitur Whatsapp dengan Google Analytics, Facebook Pixel, Google Ads Conversion, dll.
  • Customize Styles : Ada dapat membuat style button dan theme button sesuai dengan selera Anda.
  • WhatsApp group Chats : Pengunjung website bisa bergabung untuk mendapatkan informasi tentang suatu produk.

Mengelola Click to Chat Setting

Setelah mengetahu fitur-fitur dan fungsi dari plugin Click to Chat, kita akan melakukan pengaturan pada plugin tersebut. Berikut penjelasannya :

– Setelah Anda login ke Dashboard WordPress Anda, silahkan Pilih Click to Chat.

1 click to chat

Setelah memilih Click to Chat, Anda akan diarahkan ke halaman setting Click to Chat. Di dalam halaman setting ini memiliki banyak pengaturan yang bisa dilakukan. Untuk setiap pengaturan harus diisi memiliki fungsi yang berbeda, berikut penjelesan detail :

2 click to chat setting a
  • Whatsapp Number : Digunakan untuk mengatur nomor WhatsApp yang akan digunakan, pada kolom County Code bisa di isi dengan 62 (kode area Indonesia) dan Number di isi nomor yang akan digunakan tanpa angko 0 (contoh : 85783212131).
  • Pre-Filled Message : Digunakan untuk mengatur pesan yang digunakan untuk menyapa pelanggan saat pertama kali menghubungi Anda.
  • Call to Action : Digunakan untuk mengatur teks yang akan ditampilkan pada button Whatsapp yang akan digunakan.
3 click to chat setting b
  • Style, Position : Pada Kolom ini Anda bisa memilih style yang akan digunakan (Click to Chat menyediakan 9 style pilihan), posisi dari button WhatsApp yang digunakan pada tampilan Desktop dan Mobile.
4 click to chat setting c
  • Display Setting : Digunakan untuk mengatur hide/show button whatsapp di tampilan Desktop atau Mobile. Selain itu, Anda juga bisa mengatur apakah ingin menampilkan atau tidak pada spesifik halaman atau akan ditampilkan di semua halaman (Global).

Mengelola Click to Chat di Woocommerce

Untuk melakukan pengaturan Anda bisa pilih menu Click to Chat > Woocommerce

5 click to chat woo

Pulgin Click to Chat juga bisa digunakan untuk pengaturan spesifik pada halaman detail produk. Pada halaman detail produk, Anda bisa melakukan pengaturan untuk pesan yang digunakan untuk menyapa pelanggan (pre-filled message), teks button whatsapp (call to action), posisi button WhatsApp dan style yang akan digunakan pada halaman detail produk

6 click to chat woo setting

Kustomisasi Click to Chat

Untuk melakukan pengaturan kustomisasi, Anda bisa pilih menu Click to Chat > Customize

7 click to chat custom

Selain memberikan pilihan style WhatsApp yang variatif, plugin ini juga menyediakan fitur untuk melakukan kustomisasi dari style yang digunakan. Masing-masing style memiliki pengaturan kustomisasi yang berbeda-beda (pada gambar dibawah adalah contoh kustomisasi yang bisa dilakukan untuk Style 2)

8 click to chat custom setting

Mengelola Setting Tambahan Click to Chat

Untuk melakukan pengaturan kustomisasi, Anda bisa pilih menu Click to Chat > Customize

9 click to chat other

Plugin ini juga menyediakan setting tambahan untuk melakukan setting untuk Animasi, Integrasi Google Analytics, Facebook Pixel, dll.

Berikut adalah tampilan setting tambahan yang bisa Anda lakukan.

10 click to chat other animation
11 click to chat other analytics
12 click to chat other webhook
13 click to chat other advance

Apakah artikel ini membantu?

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

Artikel Serupa


related posts

Cara Migrasi Website Weebly ke Hosting

Weebly merupakan platform untuk membuat website berbasis drag and drop. Anda dapat membangun website secara praktis tanpa coding sekalipun. Sayangnya layanan Weebly Niagahoster akan dinonaktifkan pada tanggal 30 Januari 2023. Bagi Anda yang masih menggunakan layanan ini harap untuk melakukan pemindahan atau migrasi sebelum tanggal tersebut. Pada panduan ini, kami akan memberikan solusi alternatif agar […]

Selengkapnya
related posts

Cara Instal Firebase CLI dan Deploy Hosting

Dibuat pada 9 September 2022 Firebase adalah Backend as a Services (BaaS) yang menyediakan beragam tools dan layanan untuk membantu developer mengembangkan suatu aplikasi (web dan mobile) dengan lebih cepat.  Backend as a Services sendiri adalah kategori layanan cloud yang mengelola back-end aplikasi. Artinya, Firebase sebagai BaaS akan mengurusi segala hal mengenai back-end seperti database, […]

Selengkapnya
related posts

Cara Meminta Pengindeksan Ulang URL (Recrawl) pada Google

Dibuat pada 25 Januari 2022 Crawl atau web crawling adalah proses mencari kumpulan halaman dari sebuah website untuk dilakukan pengindeksan. Anda dapat melakukan crawl URL pada Google dengan tujuan agar setiap URL pada website Anda ditemukan dan dapat diindeks oleh Google.  Apabila URL pada website telah diperiksa oleh Google namun tidak kunjung terindeks, Anda dapat […]

Selengkapnya