Cara Mengelola dan Mengakses VPS KVM Windows

Diperbarui 2 Mei 2022

Kernel-based Virtual Machine (KVM) adalah sebuah teknologi virtualisasi yang digunakan untuk membagi server fisik secara virtual menjadi beberapa resource dedicated atau yang biasa disebut Virtual Private Server (VPS) sehingga performa VPS akan meningkat secara signifikan.

Setiap KVM VPS yang dihasilkan akan memiliki kernel independen. Artinya, masing-masing VPS dapat memodifikasi kernelnya dan bebas menggunakan sistem operasi apa saja, baik Linux atau Windows. Dengan begitu, Anda dapat lebih fleksibel mengoperasikan VPS dengan sistem operasi sesuai kebutuhan Anda. 

Setelah Anda memiliki VPS KVM Windows, silakan mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengelola dan mengaksesnya.

Langkah-Langkah Mengelola dan Mengakses VPS KVM Windows

1. Masuk ke Member Area Niagahoster. Klik menu Layanan Anda pada bagian kiri, kemudian pilih sub menu VPS KVM.

2. Klik tombol Kelola VPS KVM pada paket VPS KVM Windows milik Anda.

3. Anda akan diarahkan ke halaman pengelolaan VPS KVM Server seperti berikut.

4. Silakan membuat password root untuk VPS KVM Windows milik Anda dengan cara klik tombol KELOLA pada bagian Root Password.

5. Masukkan password baru sesuai instruksi penulisan password yang telah diberikan. Setelah itu, ketik ulang password baru tersebut pada bagian Konfirmasi Password Baru, kemudian klik tombol Ubah Password.

6. Anda akan melihat pop-up notifikasi bahwa root password telah berhasil diubah. Klik tombol Kembali.

7. Perlu diketahui bahwa root IP, Username dan Password seperti gambar di bawah ini adalah komponen yang akan Anda gunakan saat masuk ke VPS KVM Windows. Untuk itu, silakan mencatat detail tersebut.

8. Selanjutnya, Anda memerlukan aplikasi Remote Desktop Connection untuk dapat mengakses VPS KVM Windows. Tekan tombol logo Windows pada keyboard Anda, kemudian ketik Remote Desktop Connection. Setelah itu, klik App yang telah ditampilkan.

9. Anda akan melihat jendela Remote Desktop Connection telah ditampilkan. Masukkan IP VPS KVM Windows yang telah Anda catat ke kolom Computer, kemudian klik tombol Connect.

10. Jendela Windows Security akan tampil. Masukkan root username dan password milik Anda, kemudian klik tombol OK pada bagian bawah. 

Anda turut dapat memberi tanda centang pada Remember me dengan tujuan menyimpan detail login dan tidak perlu menuliskan ulang di lain waktu.

11. Selamat! Anda telah berhasil mengakses VPS KVM Windows.

Sebagai catatan, apabila tampil pop-up eror seperti berikut pada layar, artinya Anda belum dapat masuk ke VPS KVM Windows.

Hal ini terjadi karena fungsi yang diminta belum didukung oleh Remote Desktop Connection. Anda perlu untuk mengatur fungsi CredSSP pada Encryption Oracle Remediation. Silakan mengikuti panduan berikut untuk mengatasi eror saat mengakses VPS KVM Windows.

Apakah artikel ini membantu?

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

Artikel Serupa


related posts

Cara Menunjuk Domain ke Server Minecraft

Menunjuk domain ke server Minecraft Anda adalah cara yang bagus untuk mengganti alamat IP dengan domain atau subdomain untuk masuk ke server Anda. Arahkan Domain Anda dapat mengarahkan domain Anda ke VPS dengan membuat dua A record atau satu A dan satu CNAME record . Setelah itu, Anda harus membuat catatan SRV seperti ini : […]

Selengkapnya
related posts

Cara Mengubah Versi PHP di CyberPanel

Dibuat 16 Maret 2022 CyberPanel merupakan panel kontrol yang dapat digunakan untuk melakukan pengaturan pada layanan VPS CyberPanel. Sebenarnya, pengaturan VPS hanya bisa dilakukan melalui perintah Command Prompt. Hadirnya panel kontrol akan mempermudah pengguna dalam melakukan berbagai konfigurasi melalui tampilan Graphic User Interface (GUI). Salah satu hal yang dapat Anda lakukan yaitu pengaturan versi PHP. Dengan […]

Selengkapnya
related posts

Cara Menambahkan Pengguna dan Website di CyberPanel

Dibuat 17 Maret 2022 CyberPanel merupakan panel kontrol yang dapat digunakan untuk melakukan pengaturan pada layanan VPS CyberPanel´╗┐. Sebenarnya, pengaturan VPS hanya bisa dilakukan melalui perintah Command Prompt. Hadirnya panel kontrol akan mempermudah pengguna dalam melakukan berbagai konfigurasi melalui tampilan Graphic User Interface (GUI). Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah menambahkan pengguna yang dapat […]

Selengkapnya