Cara Mengubah Port SSH pada VPS dengan Vesta Control Panel (VestaCP)

Diperbarui 16 Februari 2022

Vesta Control Panel (VestaCP) merupakan panel kontrol yang dapat digunakan untuk melakukan pengaturan pada layanan VPS. Sebenarnya, pengaturan VPS hanya bisa dilakukan melalui perintah Command Prompt. Hadirnya panel kontrol akan mempermudah pengguna dalam melakukan berbagai konfigurasi melalui tampilan Graphic User Interface (GUI).

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan yaitu pengaturan Port SSH VPS. Dengan VestaCP, Anda dapat mengubah Port 22 yang secara default digunakan untuk login SSH VPS. Perubahan Port perlu Anda lakukan untuk meningkatkan keamanan VPS.

Panduan ini akan menjelaskan langkah-langkah mengubah Port SSH VPS melalui VestaCP. Untuk itu, harap pastikan Anda telah menginstal panel kontrol ini pada VPS.

Langkah-langkah Mengubah Port SSH pada VPS dengan VestaCP

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengubah Port SSH VPS melalui VestaCP.

Langkah 1 Ubah File sshd_config VPS

Pertama-tama, Anda perlu menambahkan Port baru pada file sshd_config.

1. Login SSH VPS Anda.

2. Masukkan perintah nano /etc/ssh/sshd_config untuk menyunting file sshd_config.

3. Anda akan diarahkan ke dalam isi file ssh_config. Tambahkan Port yang Anda inginkan di baris terakhir. Port SSH memiliki rentang angka antara 1 sampai 65535. Namun, kami menyarankan agar Anda menggunakan angka di atas 1407 yang umumnya tidak digunakan pada konfigurasi lain, contohnya Port 2022 seperti panduan ini. Untuk menyimpan konfigurasi, tekan tombol CTRL + X pada keyboard.

4. Untuk melanjutkan proses, tekan tombol Y pada keyboard.

5. Anda bisa menekan tombol Enter untuk mengakhiri proses penyimpanan konfigurasi.

6. Terakhir, Anda perlu memasukkan perintah service sshd restart untuk memuat ulang service sshd agar konfigurasi diperbarui.

Langkah 2 Ubah Port SSH di VestaCP

Setelah itu, Anda perlu mengubah Port SSH di panel kontrol VestaCP.

1. Masuk ke VestaCP dengan kombinasi URL: https://IP-VPS-Anda:8083

2. Masukkan Username dan Password akun VestaCP, kemudian klik tombol Log in.

3. Anda akan diarahkan ke panel kontrol VestaCP. Pilih menu Firewall di bagian atas.

4. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan TCP/SSH dengan Port 22. Arahkan kursor ke baris tersebut, lalu klik tombol Edit.

5. Tuliskan angka untuk Port SSH pada kolom yang tersedia. Harap pastikan Anda memasukkan angka yang sama seperti pada file sshd_config sebelumnya. Untuk menyimpan perubahan, klik tombol Save.

6. Selamat! Port SSH berhasil Anda perbarui. Selanjutnya, Anda dapat login ulang SSH untuk memastikan perubahan Port berhasil diterapkan.

´╗┐

Apakah artikel ini membantu?

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

Artikel Serupa


related posts

Cara Mengubah Versi PHP di CyberPanel

Dibuat 16 Maret 2022 CyberPanel merupakan panel kontrol yang dapat digunakan untuk melakukan pengaturan pada layanan VPS CyberPanel. Sebenarnya, pengaturan VPS hanya bisa dilakukan melalui perintah Command Prompt. Hadirnya panel kontrol akan mempermudah pengguna dalam melakukan berbagai konfigurasi melalui tampilan Graphic User Interface (GUI). Salah satu hal yang dapat Anda lakukan yaitu pengaturan versi PHP. Dengan […]

Selengkapnya
related posts

Cara Menambahkan Pengguna dan Website di CyberPanel

Dibuat 17 Maret 2022 CyberPanel merupakan panel kontrol yang dapat digunakan untuk melakukan pengaturan pada layanan VPS CyberPanel´╗┐. Sebenarnya, pengaturan VPS hanya bisa dilakukan melalui perintah Command Prompt. Hadirnya panel kontrol akan mempermudah pengguna dalam melakukan berbagai konfigurasi melalui tampilan Graphic User Interface (GUI). Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah menambahkan pengguna yang dapat […]

Selengkapnya
related posts

Cara Instal SSL di CyberPanel

Dibuat 17 Maret 2022 CyberPanel merupakan panel kontrol yang dapat digunakan untuk melakukan pengaturan pada layanan VPS. Sebenarnya, pengaturan VPS hanya bisa dilakukan melalui perintah Command Prompt. Hadirnya panel kontrol akan mempermudah pengguna dalam melakukan berbagai konfigurasi melalui tampilan Graphic User Interface (GUI). Salah satu hal yang dapat Anda lakukan yaitu instalasi Secure Sockets Layer […]

Selengkapnya