Cara Mengubah Sistem Operasi VPS Niagahoster

Sistem operasi adalah sistem yang mengelola hardware, resource, dan menyediakan fitur untuk komputer. Sistem operasi menjadi perantara hardware komputer dengan pengguna. Hal ini membuat pengguna dapat melakukan segala aktivitas pada komputer.

Pada saat ini, sistem operasi tidak hanya untuk komputer. Virtual Private Server (VPS) juga perlu menggunakan sistem operasi untuk mengelolanya.

Layanan Cloud VPS Hosting di Niagahoster memberi kebebasan Anda untuk memilih sistem operasi yang akan digunakan untuk VPS. Berikut sistem operasi untuk VPS di Niagahoster.

No.Sistem OperasiJenis
1.CentOSCentOS 7 64bit
CentOS 8 Stream 64bit
2.DebianDebian 11 64bit
3.UbuntuUbuntu 20.04 64bit
Ubuntu 22.04 64bit
Ubuntu 22.04 64bit dengan ASP.NET
Ubuntu 22.04 64bit dengan CloudPanel
Ubuntu 22.04 64bit dengan CyberPanel
Ubuntu 22.04 64bit dengan Desktop
Ubuntu 22.04 64bit dengan Django/OpenLiteSpeed
Ubuntu 22.04 64bit dengan Docker
Ubuntu 22.04 64bit dengan HestiaCP
Ubuntu 22.04 64bit dengan Joomla/OpenLiteSpeed
Ubuntu 22.04 64bit dengan Nextcloud
Ubuntu 22.04 64bit dengan Node.js/OpenLiteSpeed
Ubuntu 22.04 64bit dengan Peppermint.sh
Ubuntu 22.04 64bit dengan Plex Media Server
Ubuntu 22.04 64bit dengan Portainer
Ubuntu 22.04 64bit dengan Rails/OpenLiteSpeed
Ubuntu 22.04 64bit dengan WordPress/OpenLiteSpeed
Ubuntu 23.04 64bit
4.Rocky LinuxRocky Linux 8 64bit
Rocky Linux 9 64bit
5.AlmaLinuxAlmaLinux 8 64bit
AlmaLinux 8 64bit dengan cPanel*
AlmaLinux 8 64bit dengan Plesk*
AlmaLinux 8 64bit dengan Virtualmin
AlmaLinux 8 64bit dengan Webuzo*

* Mewajibkan tambahan pembelian lisensi

Sistem operasi untuk VPS dapat dikombinasi dengan panel seperti cPanel, Plesk Onyx, VestaCP, Webmin, atau Webuzo. Tampilan panel yang user-friendly semakin memberi kemudahan Anda dalam mengelola VPS.

Selain itu, beberapa sistem operasi memiliki keterangan tambahan: minimal. Hal ini menjelaskan bahwa sistem operasi digunakan dalam persyaratan minimum, sehingga pengguna hanya menginstal aplikasi yang diperlukan.

Langkah-langkah Mengubah Sistem Operasi VPS di Niagahoster

Ikuti langkah-langkah di bawah untuk mengubah sistem operasi VPS.

Catatan: Mengubah atau menginstal ulang sistem operasi di VPS Anda akan menghapus semua data Anda saat ini secara permanen. Pastikan untuk mengunduh cadangan melalui FTP sebelumnya jika Anda ingin menyimpan informasi Anda.

1. Masuk ke Member Area Niagahoster.

2. Proses setup sistem operasi dapat dilakukan saat aktivasi order VPS

3. Jika VPS sudah berhasil diaktifkan, Anda dapat mengganti template sistem operasi dengan mudah di hPanel. Caranya, buka tab VPS, kemudian pilih server yang templatenya akan diganti:

Pilih Sistem Operasi (Operating System) di sidebar, Anda akan menemukan bagian Ubah Sistem Operasi Anda:

Pilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda:

  • OS dengan Control Panel – lebih mudah digunakan, terutama untuk pemula
  • OS Biasa – opsi cocok untuk pengguna tingkat lanjut dan pengguna yang ingin memasang panel khusus secara manual
  • Aplikasi – ini adalah templat berbasis Ubuntu yang menyertakan penginstalan otomatis aplikasi seperti Django, Drupal, Joomla, WordPress, dan lainnya

Setelah memilih template dari daftar drop-down, deskripsi singkat akan muncul. Untuk menerapkan template yang baru dipilih, klik Ubah OS

Menginstall ulang Sistem Operasi

Jika Anda ingin memulai VPS dari awal dengan OS dan panel yang sama, Anda dapat menggunakan opsi instal ulang. Cukup gulir ke bawah ke bagian Instal Ulang Sistem Operasi Anda di halaman yang sama dan klik Install Ulang :

Mengklik Instal Ulang akan menghapus semua data saat ini dan membangun kembali VPS dengan OS dan panel yang sama seperti yang diinstal sebelumnya.

Apakah artikel ini membantu?

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

Artikel Serupa


related posts

Cara Menunjuk Domain ke Server Minecraft

Menunjuk domain ke server Minecraft Anda adalah cara yang bagus untuk mengganti alamat IP dengan domain atau subdomain untuk masuk ke server Anda. Arahkan Domain Anda dapat mengarahkan domain Anda ke VPS dengan membuat dua A record atau satu A dan satu CNAME record . Setelah itu, Anda harus membuat catatan SRV seperti ini : […]

Selengkapnya
related posts

Cara Mengubah Versi PHP di CyberPanel

Dibuat 16 Maret 2022 CyberPanel merupakan panel kontrol yang dapat digunakan untuk melakukan pengaturan pada layanan VPS CyberPanel. Sebenarnya, pengaturan VPS hanya bisa dilakukan melalui perintah Command Prompt. Hadirnya panel kontrol akan mempermudah pengguna dalam melakukan berbagai konfigurasi melalui tampilan Graphic User Interface (GUI). Salah satu hal yang dapat Anda lakukan yaitu pengaturan versi PHP. Dengan […]

Selengkapnya
related posts

Cara Menambahkan Pengguna dan Website di CyberPanel

Dibuat 17 Maret 2022 CyberPanel merupakan panel kontrol yang dapat digunakan untuk melakukan pengaturan pada layanan VPS CyberPanel´╗┐. Sebenarnya, pengaturan VPS hanya bisa dilakukan melalui perintah Command Prompt. Hadirnya panel kontrol akan mempermudah pengguna dalam melakukan berbagai konfigurasi melalui tampilan Graphic User Interface (GUI). Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah menambahkan pengguna yang dapat […]

Selengkapnya