Cara Redirect HTTP ke HTTPS di cPanel

Sebelum melakukan redirect website dari HTTP ke HTTPS, Anda perlu memasang sertifikat SSL terlebih dahulu pada website.

Secure Socket Layer (SSL) adalah protokol keamanan untuk mengamankan pertukaran data di website. Tidak adanya SSL dapat membuat data rentan disadap oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Website yang menggunakan SSL akan lebih dipercaya oleh pengunjung. Ciri-ciri website dengan SSL memiliki ikon gembok dan tulisan HTTPS pada Uniform Resource Locator (URL) di address bar web browser Anda. Dengan ini pertukaran data pada website telah dilindungi.

6 Coba akses website (Edit)

Layanan hosting di Niagahoster menyediakan SSL gratis yang dapat Anda pasang di website. Anda dapat menggunakan Let’s Encrypt yang tersedia pada Member Area Niagahoster.

Langkah-Langkah Instal Let’s Encrypt SSL di Niagahoster

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memasang Let’s Encrypt pada website Anda.

1. Masuk ke Member Area Niagahoster.

1 Login Member Area Niagahoster (Edit)

2. Pilih menu Layanan Anda, kemudian klik submenu Hosting. Pilih layanan hosting aktif yang ingin Anda kelola. Selanjutnya, klik tombol Kelola Hosting.

2 Layanan Anda Hosting Kelola Hosting (Edit)

3. Anda akan diarahkan ke tab cPanel pada Pengaturan Hosting. Kemudian, pilih Let’s Encrypt untuk melakukan instalasi.

3 Tab cPanel Klik Lets Encrypt (Edit)

4. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman Let’s Encrypt SSL. Di bagian Issue a new certificate, klik tombol +Issue pada kolom Actions.

4 Diarahkan ke halaman Lets Encrypt Ke bagian Issue a new certificate Klik Issue (Edit)

5. Sertifikat SSL akan diinstal pada domain dan subdomain website Anda. Di bagian SSL validation method, pilih opsi dns-01. Selanjutnya, centang kolom Include?, Include Wildcard*?, dan Add cPanel subdomains**?. Untuk memulai instalasi, klik tombol Issue.

5 Pilih DNS 01 Centang centang Klik Issue (Edit)

6. Selamat! Anda berhasil melakukan instalasi Let’s Encrypt SSL pada website.

6 Lets Encrypt Berhasil Dipasang (Edit)

Langkah-Langkah Redirect HTTP ke HTTPS

Setelah itu, Anda dapat melakukan redirect HTTP ke HTTPS melalui cPanel. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Masuk ke Member Area Niagahoster.

1 Login Member Area Niagahoster (Edit)

2. Pilih menu Layanan Anda, kemudian klik submenu Hosting. Pilih layanan hosting aktif yang ingin Anda kelola. Selanjutnya, klik tombol Kelola Hosting.

2 Layanan Anda Hosting Pilih Hosting Aktif Kelola Hosting (Edit)

3. Anda akan diarahkan ke tab cPanel. Kemudian, pilih ikon All Features untuk menampilkan fitur cPanel lainnya.

3 tab cPanel All Features (Edit)

4. Anda akan melihat halaman cPanel. Selanjutnya, ketik “Domains” pada kolom pencarian. Hasil pencarian akan ditampilkan oleh cPanel. Klik ikon Domains untuk menggunakan fitur ini.

4 Ketik Domain pada kolom pencarian cPanel Klik Domains (Edit)

5. Anda akan diarahkan ke halaman Domains. Daftar domain dan subdomain akan ditampilkan pada tabel. Pada kolom Force HTTPS Redirect, aktifkan toggle menjadi On.

5 Pada halaman Domains Aktifkan toggle On di kolom Force HTTPS Redirect (Edit)

6. Buka web browser Anda. Kemudian, ketik URL website Anda. Tekan Enter untuk mengaksesnya. Terakhir, klik kolom URL web browser dan Anda dapat memastikan website berhasil diarahkan ke HTTPS.

6 Coba akses website (Edit)

Apakah artikel ini membantu?

2
1

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

Artikel Serupa


related posts

Perbedaan Shared SSL dan Private SSL

Perbedaan Shared SSL dan Private SSL – SSL atau secure socket layers adalah sebuah protokol yang memungkinkan proses transfer informasi dan data yang dilakukan di enkripsi sehingga menjadi lebih aman. Shared SSL di Niagahoster secara otomatis kami berikan secara gratis di semua paket hosting murah kami dan Anda dapat menggunakannya untuk mengenkripsi proses transfer data […]

Selengkapnya
related posts

Cara Mendapatkan SSL Gratis di WHM

Secure Sockets Layer (SSL) merupakan teknologi keamanan standar guna membuat sambungan terenkripsi antara server dan klien. SSL memungkinkan informasi sensitif seperti nomor rekening, nomor kartu kredit, maupun data login dikirimkan secara aman. Secara umum, informasi yang dikirimkan web browser ke server web berbentuk teks polos (plain text). Informasi ini riskan dicuri pihak yang kurang bertanggungjawab. […]

Selengkapnya
related posts

Keunggulan Comodo Positive SSL (Berbayar) dibandingkan Let’s Encrypt SSL (Gratis)

Secure Socket Layer (SSL) adalah protokol keamanan untuk mengamankan pertukaran data di website. Tidak adanya SSL dapat membuat data rentan disadap oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Website yang menggunakan SSL akan lebih dipercaya oleh pengunjung. Ciri-ciri website dengan SSL memiliki ikon gembok dan tulisan HTTPS pada Uniform Resource Locator (URL) di address bar web […]

Selengkapnya