Apa itu Error 503 dan bagaimana cara mengatasinya?

Apa itu 503 error?

Error 503 (Service Temporarily Unavailable) disebabkan oleh penggunaan resource yang melebihi kapasitas yang telah ditentukan. Error ini bisa diketahui melalui bagian Statistik Penggunaan website di hPanel.

Bagaimana cara mengatasinya?

Umumnya, error 503 muncul muncul Anda telah melebihi batas penggunaan CPU, memori fisik, atau jumlah proses yang berjalan dalam waktu bersamaan.

Untuk memastikan penyebabnya, masuk ke hPanel akun hosting, cari menu bernama Order Usage, lalu cek seberapa banyak resource yang telah Anda gunakan.

  • CPU
  • Disk Usage (IO/IOPS)
  • RAM dan Processes
  • Inodes dan disk space melebihi batasan

CATATAN:

  • Penting untuk selalu memastikan website teroptimasi secara berkala. Jika website tidak teroptimasi dengan baik, paket dengan limit terbesar dapat melebihi batas (walaupun website tidak mendapatkan trafik tinggi).

Inodes dan disk space melebihi batasan

Jika pesan error 503 muncul di website, tetapi hanya sedikit resource yang sudah digunakan, mungkin masalahnya ada pada disk space dan/atau inodes. Anda dapat melihat informasi penggunaan dari Website → Performa, lalu cari Statistik di menu sebelah kiri:

Anda dapat melihat value data terbaru secara manual dengan klik tombol 🔃

Bagaimana cara mengatasinya?

Jika website Anda telah melebihi batas inodes atau disk space, Anda dapat mencoba beberapa cara berikut:

  1. Hapus semua file yang tidak diperlukan (file cache, file duplikat, file backup lama, dan lainnya). Jika Anda khawatir file penting website terhapus secara tidak sengaja, buatlah backup di awal. Anda dapat melihat folder dengan ukuran inode besar atau yang memakan banyak ruang di disk space.
  2. Upgrade paket hosting untuk mendapatkan resource yang lebih besar.

Selain itu, Anda juga dapat mengintegrasikan Google Drive ke website. Paket gratis Google Drive menyediakan disk space 15 GB untuk menyimpan file berukuran besar (seperti dokumen dan gambar), serta menambahkan link ke file tersebut di website.

CATATAN:

  • Gunakan fitur booster untuk mencoba paket dengan limit lebih tinggi gratis selama 24 jam

Apakah artikel ini membantu?

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

Artikel Serupa


related posts

Cara mengatasi “Error establishing a database connection”

Kesalahan koneksi database “Error establishing a database connection” atau “Access denied for user ..” dapat diatasi dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini: Berikut penjelasan untuk setiap langkah di atas: Langkah 1 – Mengecek kembali parameter database Buka Website → Kelola. Cari menu Database MySQL: Simpan kredensial ini: Untuk menyimpan kredensial di atas, Anda bisa menyalin […]

Selengkapnya
related posts

Cara mengaktifkan mode Development Cloudflare

Apa itu mode Development Cloudflare? Cloudflare menyimpan versi cache website Anda. Terkadang, perubahan pada website tidak langsung terlihat dan membutuhkan waktu untuk update. Anda bisa membuat perubahan pada website dan melihat langsung perubahannya dengan mengaktifkan mode Development. Mode Development bekerja dengan menonaktifkan cache selama 3 jam. Cara mengaktifkan mode Development Cloudflare Tab caching pada bar […]

Selengkapnya
related posts

Bagaimana cara menghapus cache di Cloudflare?

Walau pun dapat mempercepat loading website, cache juga menyimpan informasi atau konten lama website. Akibatnya, perubahan terbaru yang Anda buat tidak langsung muncul di website. Jika Cloudflare domain sudah aktif, Anda bisa hapus cache dengan login ke Dashboard Cloudflare dan pilih domain Anda. Di bagian kanan layar, klik Purge Cache untuk hapus cache: Di halaman […]

Selengkapnya