Cara Konfigurasi Email Hosting pada Microsoft Outlook

Perhatian. Terkait keamanan dan kompatibilitas, saat ini Niagahoster hanya memberikan dukungan minimum Microsoft Outlook 2013 dengan sistem operasi Windows 8.

Anda dapat melakukan konfigurasi email hosting dengan mudah menggunakan Microsoft Outlook. Hal yang perlu Anda siapkan adalah nama, alamat email, password email, incoming mail server, dan outgoing mail server.

Panduan ini menggunakan Microsoft Outlook 2016. Jika menggunakan versi lebih baru, Anda tidak perlu khawatir karena konfigurasi serta menunya tidak banyak berubah.

Terdapat beberapa konfigurasi email pada Microsoft Outlook. Salah satunya konfigurasi menggunakan Internet Message Access Protocol (IMAP). Nantinya, setelah selesai melakukan konfigurasi, seluruh konten email bisa Anda buka melalui Microsoft Outlook.

Tahap 1 Ketahui Informasi Mail Client Manual Settings

Anda perlu mengetahui informasi Mail Client Manual Settings dari email hosting melalui cPanel. Informasi yang akan digunakan saat melakukan konfigurasi di Microsoft Outlook.

1. Masuk ke cPanel. Gunakan kolom pencarian untuk menemukan fitur Email Accounts.

2. Pada halaman Email Accounts, pilih akun email hosting Anda. Kemudian, klik tombol Connect Devices di sebelah kanan.

3. Anda akan diarahkan ke halaman Set Up Mail Client. Gulir halaman ke bagian Mail Client Manual Settings. Di sini Anda perlu mengetahui informasi (yang telah kami beri garis bawah merah). Anda dapat mencatat atau membiarkan halaman ini tetap terbuka.

Tahap 2 Konfigurasi Email Hosting di Microsoft Outlook

Sekarang Anda telah siap melakukan konfigurasi email hosting pada Microsoft Outlook.

1. Buka aplikasi Microsoft Outlook.

1.1. Anda akan melihat halaman “Welcome to Microsoft Outlook” saat pertama kali membuka Microsoft Outlook. Untuk melanjutkan, klik tombol Next.

1.2. Namun, jika sebelumnya Anda pernah membuka Microsoft Outlook, maka halaman seperti ini akan ditampilkan. Silakan klik menu File di sudut kiri atas.

2. Anda akan menambahkan akun email pada Microsoft Outlook.

2.1. Pilih opsi Yes, kemudian klik tombol Next.

2.2. Klik tombol Add Account.

3. Jendela Add Account akan tampil pada layar. Pilih opsi Manual setup or additional server types, lalu klik tombol Next.

4. Pilih opsi layanan POP or IMAP. Kemudian, klik tombol Next untuk melanjutkan konfigurasi.

5. Anda perlu melengkapi informasi berikut ini.

User Information
Your Name: Nama Anda
E-mail: Alamat email Anda

Server Information
Account Type: IMAP
Incoming mail server: mail.namadomain.com (Pastikan mail server dapat Anda akses)
Outgoing mail server (SMTP): mail.namadomain.com (Pastikan mail server dapat Anda akses)

Logon Information
User Name: Alamat email Anda
Password: Password email Anda

Setelah itu, klik tombol More Settings di bagian bawah.

6. Anda akan diarahkan ke jendela Internet E-mail Settings.

6.1. Pada tab Outgoing Server, centang checkbox My outgoing server (SMTP) requires authentication. Kemudian, pilih opsi User same settings as my incoming mail server.

6.2. Pada tab Advanced, lakukan konfigurasi berikut.

Incoming server (IMAP): 993
Type of encrypted connection: SSL
Outgoing server (SMTP): 465
Type of encrypted connection: SSL

Untuk menyimpan konfigurasi, klik tombol OK.

7. Jalankan uji coba konfigurasi email dengan klik tombol Next.

8. Jika konfigurasi email berhasil, Anda akan mendapatkan 2 informasi berikut.

  • Log onto incoming mail server (IMAP) – Completed
  • Send test e-mail message – Completed

Untuk melanjutkan, klik tombol Close.

9. Selamat! Konfigurasi email hosting pada Microsoft Outlook telah selesai. Klik tombol Finish.

10. Anda akan beralih ke jendela utama Microsoft Outlook pada menu Inbox. Kini seluruh pesan email hosting telah siap Anda kelola melalui Microsoft Outlook.

Apakah artikel ini membantu?

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

Artikel Serupa


related posts

Cara Backup dan Restore Email di Microsoft Outlook

Dibuat pada 25 Oktober 2022 Jika saat ini Anda menggunakan surat elektronik (e-mail) untuk bekerja ataupun urusan bisnis, kemungkinan besar Anda menggunakan akun Exchange atau IMAP Microsoft Outlook. Exchange dan server IMAP secara otomatis mengarsipkan email Anda sehingga Anda dapat mengaksesnya kapan saja atau di mana saja. Silakan mengikuti panduan teknis berikut untuk melakukan backup […]

Selengkapnya
related posts

Cara Mengatasi Outlook yang Selalu Minta Password

Dibuat pada 21 Juli 2022 Microsoft Outlook adalah sebuah program personal information manager dari microsoft dan bagian suite dari microsoft office. Fungsi utama dari Microsoft Outlook ini adalah untuk mengirim, menerima, maupun membaca pesan email yang masuk. Selain itu, Microsoft Outlook turut memiliki fungsi lain  seperti membuat jadwal kerja, kalender, catatan, serta menyimpan nama dan […]

Selengkapnya
related posts

[Gratis] Membangun Citra Perusahaan Menggunakan Email Bisnis

Di tengah popularitas media sosial dewasa ini, email tetap jadi sarana andalan untuk berkomunikasi dalam ranah bisnis. Citra perusahaan Anda bahkan dapat dibangun dari sini. Statistik yang dihimpun oleh The Radicati Group pada tahun 2014 menunjukkan bahwa hingga saat ini setidaknya ada lebih dari 4 milyar akun email yang terdaftar di seluruh dunia. Lebih dari […]

Selengkapnya