Cara Meminta Pengindeksan Ulang URL (Recrawl) pada Google

Dibuat pada 25 Januari 2022

Crawl atau web crawling adalah proses mencari kumpulan halaman dari sebuah website untuk dilakukan pengindeksan. Anda dapat melakukan crawl URL pada Google dengan tujuan agar setiap URL pada website Anda ditemukan dan dapat diindeks oleh Google. 

Apabila URL pada website telah diperiksa oleh Google namun tidak kunjung terindeks, Anda dapat meminta pengindeksan ulang URL atau yang disebut dengan Recrawl. 

Sebelum meminta pengindeksan ulang, perhatikan poin-poin penting di bawah ini.

  • Pengindeksan ulang biasanya hanya memerlukan waktu sekitar satu hari, tetapi terkadang dapat memakan waktu lebih lama.
  • Mengirimkan permintaan tidak menjamin bahwa halaman akan tampil pada Indeks Google.
  • Ada batas harian untuk jumlah permintaan indeks yang dapat dikirimkan. Jika Anda menginginkan banyak halaman untuk diindeks, coba mengirimkan peta situs ke Google.

Silakan mengikuti langkah-langkah berikut untuk meminta pengindeksan ulang URL pada Google.

Langkah 1 Minta Pengindeksan melalui Google Search Console

1. Masuk ke halaman Google Search Console. Pilih Property Anda pada bagian kiri atas.

2. Masukkan URL yang ingin Anda ajukan indeks ulang ke bagian atas, kemudian tekan tombol ENTER pada keyboard.

3. Anda akan melihat pop-up proses pencarian data dari Google Index seperti berikut

4. Klik tombol REQUEST INDEXING untuk mengajukan permintaan indeks ke Google.

5. Silakan menunggu proses sekitar satu menit.

6. Selamat! Anda telah berhasil mengajukan permintaan indeks URL.

7. Silakan kembali untuk melakukan cek URL. Apabila URL telah terindeks oleh Google, maka Anda akan melihat tampilan seperti berikut.

Langkah 2 Tambahkan Peta Situs ke Google Search Console

1. Masuk ke halaman Google Search Console. Pilih Property Anda pada bagian kiri atas.

2. Klik menu Sitemaps pada bagian kiri.

3. Masukkan alamat website Anda diikuti dengan penulisan /sitemap.xml di bagian belakangnya seperti contoh berikut. Setelah itu klik tombol SUBMIT untuk mengirimkan peta situs.

4. Jika melihat URL website telah ditampilkan dengan status Success, maka selamat Anda telah berhasil mengirimkan peta situs ke Google.

Langkah 3 Tambahkan Tautan Internal yang Relevan

Salah satu cara Google untuk menemukan konten terbaru pada website Anda adalah melalui tautan internal di laman lain dalam situs Anda. 

Caranya adalah Anda dapat menyalin URL halaman yang ingin indeks, kemudian tempelkan pada konten lainnya di dalam website Anda. 

Semakin banyak tautan yang saling berkaitan di dalam website Anda, maka artinya akan semakin cepat Google untuk menemukan halaman Anda, kemudian menerapkan pengindeksan ulang dengan tujuan halaman akan segera tampil pada hasil pencarian Google.

Apakah artikel ini membantu?

3
5

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

Artikel Serupa


related posts

Cara Export Database di phpMyAdmin

Untuk melakukan eksport database di phpMyAdmin, Anda perlu mengakses phpMyAdmin terlebih dahulu. Langkah-langkah Export Database melalui phpMyAdmin 1. Buka phpMyAdmin di cPanel 2. Pilih database yang ingin dieksport di sidebar sebelah kiri. 3. Klik tombol Export pada menu navigasi di atas tabel. 4. Jika Anda hanya ingin melakukan eksport file SQL, yang dibutuhkan untuk memindahkan […]

Selengkapnya
related posts

Cara Optimasi Database MySQL Menggunakan phpMyAdmin

Melakukan optimasi database MySQL memiliki beberap manfaat bagi website Anda, salah satunya adalah dapat meningkatkan kecepatan database dalam menampilkan data. Ukuran database website dapat bertambah seiring berjalannya waktu, terutama jika website tersebut memiliki banyak konten. Oleh karena itu, melakukan optimasi database dapat signifikan meningkatkan performa website. Untuk melakukan pengoptimalan, Anda dapat menggunakan phpMyAdmin yang merupakan […]

Selengkapnya
related posts

Cara Migrasi Website Weebly ke Hosting

Weebly merupakan platform untuk membuat website berbasis drag and drop. Anda dapat membangun website secara praktis tanpa coding sekalipun. Sayangnya layanan Weebly Niagahoster akan dinonaktifkan pada tanggal 30 Januari 2023. Bagi Anda yang masih menggunakan layanan ini harap untuk melakukan pemindahan atau migrasi sebelum tanggal tersebut. Pada panduan ini, kami akan memberikan solusi alternatif agar […]

Selengkapnya