Cara Mengaktifkan Perlindungan Email Spam di cPanel

Email spam adalah penyalahgunaan sistem pesan elektronik untuk mengirim berita iklan dan keperluan lainnya secara massal. Umumnya, email spam menampilkan berita secara bertubi-tubi tanpa diminta dan sering kali tidak dikehendaki oleh penerimanya.

Pada artikel ini, kami akan memberikan cara mengaktifkan perlindungan spam di cPanel yang terbagi menjadi tiga bagian dengan urutan sebagai berikut.

  1. Pengaturan Spam Filters.
  2. Pengaturan Whitelist.
  3. Pengaturan Blacklist.

Whitelist adalah konfigurasi yang dilakukan dengan tujuan email-email yang dianggap penting tidak dianggap spam oleh sistem.

Sementara Blacklist adalah konfigurasi yang dilakukan agar kotak masuk email Anda bebas dari email-email yang tidak diinginkan.

Pengaturan Spam Filters

1. Masuk ke Member Area Niagahoster Anda, kemudian klik menu Hosting.

2. Klik tombol Kelola Hosting pada layanan hosting yang Anda miliki.

3. Buka tab cPanel, kemudian pilih menu All Features.

4. Klik menu Spam Filters pada bagian kolom Email.

5. Anda dapat melakukan konfigurasi Spam Filters dengan detail sebagai berikut.

  • Process New Emails and Mark them as Spam. Aktifkan, untuk menandai pesan email yang mencurigakan sebagai spam.
  • Move New Spam to a Separate Folder (Spam Box). Aktifkan, untuk mengarahkan pesan email baru yang memenuhi atau melebihi batas Skor Spam ke folder terpisah untuk Anda tinjau.
  • Automatically Delete New Spam (Auto-Delete). Aktifkan, untuk menghapus permanen pesan spam yang memenuhi atau melebihi batas Skor Spam secara otomatis.

Pengaturan Whitelist

Setelah melakukan konfigurasi Spam Filters di atas, lakukan langkah berikut untuk melakukan pengaturan Whitelist email.

1. Gulir ke bagian bawah, kemudian klik pada Show Additional Configuration.

2. Klik Edit Spam Whitelist Settings.

3. Klik Add A New “whitelist_from” Item.

4. Masukkan alamat-alamat email yang ingin Anda kategorikan sebagai bukan spam. Artinya, Anda ingin menerima email dari pengirim tersebut dan tidak ingin sistem mengkategorikannya sebagai spam. Setelah itu, klik tombol Update Whitelist (whistelist_from) pada bagian bawah.

Sebagai catatan, Anda tidak perlu menambahkan alamat email sendiri ke dalam daftar Whitelist.

5. Anda akan melihat pop-up notifikasi seperti berikut tampil pada bagian kanan atas layar. Artinya, konfigurasi Whitelist email telah berhasil dilakukan.

Pengaturan Blacklist

1. Klik Show Additional Configuration (sama seperti langkah pada Whitelist)

2. Klik pada Edit Spam Blacklist Settings.

3. Klik tombol Add A New “blacklist_from” item.

4 Masukkan alamat email yang ingin Anda blokir atau masuk ke dalam daftar Blacklist.

5. Anda turut dapat memodifikasi alamat email dengan cara berikut.

  • nama@domain.com. Untuk melakukan blacklist terhadap satu email tersebut.
  • *@domain.com. Untuk melakukan blacklist terhadap semua email masuk yang berasal dari nama email apapun, namun email tersebut memiliki domain yang sama.
  • ?ama@domain.com. Untuk melakukan blacklist terhadap email masuk yang berasal dari email yang memiliki karakter khusus pada domain tersebut.

6. Klik tombol Update Blacklist (blacklist_from) untuk menerapkan konfigurasi.

7. Jika Anda melihat pop-up notifikasi seperti berikut tampil pada bagian kanan atas layar. Artinya, konfigurasi Blacklist email telah berhasil dilakukan.

Apakah artikel ini membantu?

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

Artikel Serupa


related posts

Bagaimana cara migrasi layanan email ke Niagahoster menggunakan Fitur Impor Email?

Langkah 1 – Buat akun email baru Pertama, buat akun email baru di Niagahoster dan tambahkan DNS record email. Kemudian, siapkan hal-hal berikut ini agar migrasi email berjalan lancar: Artikel terkait: Langkah 2 – Buka tool Impor Email Buka menu Email → pilih domain → buka Impor Email dan klik Permintaan Impor Email Baru: Langkah […]

Selengkapnya
related posts

Cara Mendapatkan Backup Email: Gmail, Outlook, Thunderbird, Yahoo Mail, dan Mac Mail

Memperoleh Detail Server Email Untuk menerima email dari server web, klien perlu menggunakan seperangkat protokol yang disebut. Untuk pengiriman pesan ada SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), sedangkan untuk protokol surat masuk ada IMAP (Internet Message Access Protocol) dan POP3 (Post Office Protocol). Perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa IMAP memungkinkan sinkronisasi email di beberapa perangkat, sedangkan POP3 […]

Selengkapnya
related posts

Cara impor email ke Hostinger dengan webmail

File backup email dalam format EML, MIME, atau Mbox bisa dengan mudah diimpor ke Niagahoster Email dengan Webmail. Jika ada lebih dari satu file, arsipkan file dalam format .zip sebelum diimpor. Untuk impor email, buka Webmail, klik Berikutnya dan Impor: Pilih file backup email dan klik Impor untuk memulai proses backup: Setelah proses impor selesai, […]

Selengkapnya