Cara Mengarahkan Domain ke Google Mail

Email domain merupakan sebuah alamat email yang berekstensi nama domain. Contoh dari alamat email domain adalah admin@niagahoster.co.id. Kata “admin” adalah nama akun email yang Anda gunakan, sedangkan niagahoster.co.id merupakan ekstensi nama domain Niagahoster.

Google Workspace (sebelumnya bernama G Suite) memungkinkan pengguna untuk leluasa menjalankan berbagai aplikasi web dengan nama domain bisnis mereka sendiri. Contohnya adalah mengarahkan domain ke Google Mail, layanan email milik Google. Untuk menggunakannya, Anda perlu mendaftarkan domain yang Anda gunakan saat ini ke Google Workspace.

Catatan: Untuk menggunakan Google Workspace, Anda harus membayar kepada Google sebesar $5 setiap bulannya. Namun, Anda dapat menggunakan Free Trial 14 Days yang diberikan oleh Google Workspace.

Untuk mengarahkan domain ke Google Mail, Anda harus mendaftarkan domain Anda ke Google Workspace.

Tahap 1 Mendaftarkan Domain ke Google Workspace

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mendaftarkan domain ke Google Workspace.

1. Buka halaman utama Google Workspace dan klik tombol Get Started untuk memulai.

2. Isikan nama bisnis, pilih jumlah karyawan (termasuk Anda), dan lokasi bisnis. Selanjutnya, klik tombol Next.

3. Tuliskan nama depan, nama belakang, email yang Anda gunakan saat ini, dan nomor telepon bisnis pada kolom yang disediakan, kemudian klik tombol Next.

4. Pilih Yes, I have one I can use karena Anda sudah memiliki domain.

5. Ketikkan nama domain Anda, klik tombol Next untuk melanjutkan.

6. Klik tombol Next jika domain yang akan Anda gunakan sudah benar.

7. Klik OK jika Anda ingin menerima email yang berisi tips, tawaran, dan pengumuman tentang fitur, dan undangan untuk berbagi pendapat.

8. Klik OK apabila Anda ingin menerima informasi tentang aplikasi Google Workspace, fitur baru, dan tips yang dapat membantu produktivitas.

9. Anda akan diminta membuat username dan password yang akan digunakan untuk Sign In.

10. Klik Continue to setup untuk melanjutkan pengaturan.

Tahap 2 Verifikasi Domain pada Member Area Niagahoster

Pada tahap ini, Anda akan diminta masuk ke akun yang telah dibuat sebelumnya.

Ada beberapa metode yang dapat Anda pilih, diantaranya: TXT

1. Masukkan username yang sebelumnya telah dibuat. Kemudian, klik Next untuk melanjutkan.

2. Masukkan password, lalu klik tombol Next.

3. Klik tombol I understand untuk dapat masuk ke dashboard Admin.

4. Klik Protect untuk mulai menghubungkan domain ke Google Workspace.

5. Jika sudah siap, klik I’M READY TO PROTECT MY DOMAIN.

6. Klik NEXT: GO TO STEP 2 untuk mengetahui record yang harus ditambahkan ke DNS Management.

7. Salin Host record, TXT value, dan TTL. Ketiganya akan ditambahkan ke DNS Management di Member Area Niagahoster.

8. Buka tab baru pada browser, akses halaman website Niagahoster. Klik tombol Login yang ada di sebelah kanan atas.

9. Anda akan diarahkan ke Beranda Member Area Niagahoster. Klik tombol Kelola Layanan pada domain aktif milik Anda.

10. Sebelum menambahkan DNS dari Google, Anda perlu memastikan Nameserver yang digunakan telah sesuai. Silakan gulir ke bagian Overview Domain dan klik tombol Ubah Nameserver.

11. Silakan mengubah nameserver dengan detail sebagai berikut.

11a. Jika Anda hanya membeli domain dari Niagahoster, isi dengan detail berikut.

Nameserver 1 = ns3.niagahoster.com

Nameserver 2 = ns4.niagahoster.com

Selanjutnya, klik tombol Simpan untuk menerapkan pembaruan nameserver.

11b. Jika Anda memiliki domain dan hosting yang menggunakan cPanel, isi dengan detail berikut.

Nameserver 1 = ns1.niagahoster.com

Nameserver 2 = ns2.niagahoster.com

Selanjutnya, klik tombol Simpan untuk menerapkan pembaruan nameserver.

12. Nameserver telah berhasil diubah. Kini Anda dapat memulai proses menghubungkan domain ke Google Mail.

13. Gulir ke bawah dan klik tombol Manage DNS Record

14. Pilih tombol Tambahkan DNS Record, kemudian klik opsi Tambahkan DNS Record baru.

15. Ubah opsi Record Type menjadi TXT Record. Tempelkan Host record pada kolom Name, TXT value pada kolom Text Data, dan TTL yang sebelumnya sudah disalin dari halaman Google Workspace. Klik tombol Lanjutkan untuk menyimpan.

16. Jika berhasil, Anda akan mendapatkan notifikasi seperti berikut.

17. Buka kembali halaman Google Workspace. Klik tombol PROTECT DOMAIN pada bagian bawah.

18. Selamat! Anda telah berhasil melakukan verifikasi domain. Klik CONTINUE untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Tahap 3 Menambahkan MX Record pada Member Area Niagahoster dan cPanel

Anda perlu menambahkan MX Record pada Member Area Niagahoster dan cPanel untuk mengaktifkan Google Mail ke domain. Ikuti langkah-langkah berikut.

1. Masukkan username yang sebelumnya telah dibuat. Kemudian, klik Next untuk melanjutkan.

2. Masukkan password, lalu klik tombol Next.

3. Klik Activate untuk mulai mengaktifkan Gmail Anda.

4. Jika sudah siap, klik I’M READY TO ACTIVATE GMAIL.

6. Klik NEXT: GO TO STEP 2 untuk mengetahui record yang harus ditambahkan ke DNS Management.

7. Salin semua MX records yang ada di halaman Google Workspace. Kelimanya akan ditambahkan ke DNS Management di Member Area Niagahoster.

8. Buka tab baru pada browser, akses halaman website Niagahoster. Klik tombol Login yang ada di sebelah kanan atas.

Menambahkan MX Record pada Member Area Niagahoster

Berikut adalah langkah-langkah untuk menambahkan MX Record pada Member Area Niagahoster.

1. Masuk ke Beranda Member Area Niagahoster. Klik tombol Kelola Layanan pada domain aktif milik Anda.

2. Klik tombol Manage DNS Record.

3. Pilih tombol Tambahkan DNS Record, kemudian klik opsi Tambahkan DNS Record baru.

4. Ubah opsi Record Type menjadi MX Record.

5. Tempelkan Server, TTL, dan Priority yang sebelumnya sudah disalin dari halaman Google Workspace. Klik tombol Save Record untuk menyimpan.

6. Jika berhasil, Anda akan mendapatkan notifikasi seperti berikut.

6. Pastikan kelima record sudah tersimpan dengan benar.

Menambahkan MX Record pada cPanel

Berikut adalah langkah-langkah untuk menambahkan MX Record pada cPanel.

1. Masuk ke Beranda Member Area Niagahoster. Klik tombol Kelola Layanan pada paket hosting aktif milik Anda.

2. Gulir ke bawah, kemudian pilih Lihat Semua Fitur cPanel.

3. Pada cPanel, gulir ke bawah hingga bagian Domains. Selanjutnya, klik Zone Editor.

4. Klik tombol Manage untuk masuk ke konfigurasi yang lebih lengkap.

5. Klik tombol + Add Record untuk menambahkan record baru.

6. Tempelkan Name sesuai dengan domain Anda, TTL, Type, Priority, dan Destination yang sebelumnya sudah disalin dari halaman Google Workspace. Klik tombol Save Record untuk menyimpan.

7. Jika berhasil, Anda akan mendapatkan notifikasi seperti berikut.

8. Pastikan kelima record sudah disimpan dengan benar.

Aktivasi Google Mail pada Google Workspace

Setelah menambahkan MX Record pada Member Area Niagahoster dan cPanel, berikut yang harus Anda lakukan untuk menyelesaikan proses aktivasi.

1. Buka kembali halaman Google Workspace. Klik tombol ACTIVATE GMAIL pada bagian bawah.

2. Selamat! Anda telah berhasil melakukan aktivasi Google Mail. Klik FINISH jika sudah selesai.

Apakah artikel ini membantu?

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

Artikel Serupa


related posts

Cara Backup dan Restore Email di Microsoft Outlook

Dibuat pada 25 Oktober 2022 Jika saat ini Anda menggunakan surat elektronik (e-mail) untuk bekerja ataupun urusan bisnis, kemungkinan besar Anda menggunakan akun Exchange atau IMAP Microsoft Outlook. Exchange dan server IMAP secara otomatis mengarsipkan email Anda sehingga Anda dapat mengaksesnya kapan saja atau di mana saja. Silakan mengikuti panduan teknis berikut untuk melakukan backup […]

Selengkapnya
related posts

Cara Mengatasi Outlook yang Selalu Minta Password

Dibuat pada 21 Juli 2022 Microsoft Outlook adalah sebuah program personal information manager dari microsoft dan bagian suite dari microsoft office. Fungsi utama dari Microsoft Outlook ini adalah untuk mengirim, menerima, maupun membaca pesan email yang masuk. Selain itu, Microsoft Outlook turut memiliki fungsi lain  seperti membuat jadwal kerja, kalender, catatan, serta menyimpan nama dan […]

Selengkapnya
related posts

[Gratis] Membangun Citra Perusahaan Menggunakan Email Bisnis

Di tengah popularitas media sosial dewasa ini, email tetap jadi sarana andalan untuk berkomunikasi dalam ranah bisnis. Citra perusahaan Anda bahkan dapat dibangun dari sini. Statistik yang dihimpun oleh The Radicati Group pada tahun 2014 menunjukkan bahwa hingga saat ini setidaknya ada lebih dari 4 milyar akun email yang terdaftar di seluruh dunia. Lebih dari […]

Selengkapnya