Cara Mengatasi Outlook yang Selalu Minta Password

Dibuat pada 21 Juli 2022

Microsoft Outlook adalah sebuah program personal information manager dari microsoft dan bagian suite dari microsoft office. Fungsi utama dari Microsoft Outlook ini adalah untuk mengirim, menerima, maupun membaca pesan email yang masuk. Selain itu, Microsoft Outlook turut memiliki fungsi lain  seperti membuat jadwal kerja, kalender, catatan, serta menyimpan nama dan nomor kontak.

Saat Anda mengalami Microsoft Outlook yang selalu meminta autentikasi password (kata sandi), hal ini dapat disebabkan oleh adanya konfigurasi yang perlu diatur, atau karena password memang invalid pada sistem. Karenanya, kami membagi panduan ini menjadi tiga bagian sebagai berikut.

1. Konfigurasi Outlook apabila Anda menggunakan Gmail.

2. Konfigurasi Outlook apabila Anda menggunakan Mail Hosting.

3. Hapus folder Protect pada komputer.

Cara 1 Konfigurasi Outlook Apabila Menggunakan Gmail

Silakan melakukan langkah-langkah berikut apabila Anda menggunakan email dari penyedia layanan Google Mail (Gmail).

1. Masuk ke akun Gmail Anda.

2. Klik tombol Settings pada bagian kanan atas halaman.

3. Klik tombol See all settings.

4. Pilih tab Forwarding and POP/IMAP.

5. Ubah status POP download menjadi Enable Pop for all mail. Selanjutnya, ubah status pada bagian IMAP access menjadi Enable IMAP.

6. Klik tombol Save Changes pada bagian bawah untuk menyimpan konfigurasi.

7. Klik profile menu pada bagian kanan atas halaman, kemudian klik pada tombol Manage your Google Account.

8. Ketik “Less secure app access” pada bilah pencarian di bagian atas, kemudian klik hasil pencarian yang ditampilkan.

9. Ubah konfigurasi menjadi ON seperti contoh berikut.

10. Tekan tombol navigasi kembali.

11. Gulir ke bawah hingga bagian Signing in to Google. Pastikan kedua status berikut tetap dalam kondisi Off.

Perubahan konfigurasi ini akan membantu Microsoft Outlook milik Anda untuk tidak meminta autentikasi password secara terus-menerus.

Cara 2 Konfigurasi Outlook Apabila Anda Menggunakan Mail Hosting

Silakan melakukan langkah-langkah berikut apabila Anda menggunakan layanan Mail Hosting.

1. Masuk ke Member Area Niagahoster. Pilih menu Layanan Anda pada bagian kiri, kemudian klik submenu Hosting.

2. Klik tombol Kelola Hosting pada paket hosting aktif milik Anda.

3. Buka tab cPanel, kemudian klik menu Email Account.

4.  Anda akan diarahkan ke halaman cPanel seperti contoh berikut. Klik tombol Manage pada akun email Anda.

5. Masukkan kata sandi baru untuk akun email Anda.

6. Gulir ke bagian bawah, kemudian klik tombol Update Email Settings.

7. Masuk ke aplikasi Microsoft Outlook milik Anda. Klik menu File pada bagian atas.

8. Pilih konfigurasi Account Settings.

9. Pilih akun email Anda kemudian masukkan ulang kata sandi dan tekan tombol Next.

Kata sandi atau password yang telah Anda perbarui pada konfigurasi Outlook ini akan membuat aplikasi tidak menanyakan ulang password secara terus-menerus.

Cara 3 Hapus Folder Protect pada Komputer

Cara yang terakhir, adalah Anda dapat menghapus folder bernama protect yang terdapat di dalam Drive C pada komputer.

1. Buka File Explorer pada Windows Anda. Masuk ke Drive C, kemudian buka folder Users.

2. Buka folder dari nama user komputer Anda. Pada contoh ini kami menggunakan komputer dengan nama user Niagahoster.

3. Klik tools View pada bagian atas, kemudian arahkan ke menu Show, berikut klik pada sub menu Hidden items. Perhatikan contoh di bawah ini.

4. File yang disembunyikan oleh sistem akan ditampilkan. Silakan buka folder AppData.

5. Buka folder Roaming.

6. Buka folder Microsoft.

7. Hapus folder Protect.

Setelah folder Protect dihapus, silakan Anda buka kembali aplikasi Microsoft Outlook. Umumnya Anda tidak akan menemui kendala outlook yang selalu meminta autentikasi kata sandi atau password. 

Selamat Anda telah selesai mempelajari cara mengatasi Outlook yang selalu meminta password. Dapatkan domain dan hosting murah dengan performa yang sangat berkualitas hanya dari Niagahoster!

Apakah artikel ini membantu?

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

Artikel Serupa


related posts

Bagaimana cara migrasi layanan email ke Niagahoster menggunakan Fitur Impor Email?

Langkah 1 – Buat akun email baru Pertama, buat akun email baru di Niagahoster dan tambahkan DNS record email. Kemudian, siapkan hal-hal berikut ini agar migrasi email berjalan lancar: Artikel terkait: Langkah 2 – Buka tool Impor Email Buka menu Email → pilih domain → buka Impor Email dan klik Permintaan Impor Email Baru: Langkah […]

Selengkapnya
related posts

Cara Mendapatkan Backup Email: Gmail, Outlook, Thunderbird, Yahoo Mail, dan Mac Mail

Memperoleh Detail Server Email Untuk menerima email dari server web, klien perlu menggunakan seperangkat protokol yang disebut. Untuk pengiriman pesan ada SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), sedangkan untuk protokol surat masuk ada IMAP (Internet Message Access Protocol) dan POP3 (Post Office Protocol). Perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa IMAP memungkinkan sinkronisasi email di beberapa perangkat, sedangkan POP3 […]

Selengkapnya
related posts

Cara impor email ke Hostinger dengan webmail

File backup email dalam format EML, MIME, atau Mbox bisa dengan mudah diimpor ke Niagahoster Email dengan Webmail. Jika ada lebih dari satu file, arsipkan file dalam format .zip sebelum diimpor. Untuk impor email, buka Webmail, klik Berikutnya dan Impor: Pilih file backup email dan klik Impor untuk memulai proses backup: Setelah proses impor selesai, […]

Selengkapnya