Beberapa kali Anda sudah mengirim pesan email, namun tidak kunjung mendapatkan balasan. Bisa jadi, email yang Anda kirim sama sekali tidak diketahui oleh penerima. Lebih tepatnya, email tersebut masuk ke folder Spam di email penerima.
Biasanya ini terjadi pada email yang baru saja Anda buat pada layanan hosting. Email dengan kombinasi nama domain Anda, contoh admin@namadomain.com.
Hal ini membuat penerima tidak tahu adanya pesan masuk dari email tersebut. Penerima juga tidak akan mendapatkan pemberitahuan dari pesan email yang dianggap Spam. Akhirnya penerima harus repot masuk ke folder Spam untuk melihat pesan email yang Anda kirim.
Panduan ini akan menjelaskan bagaimana cara agar pesan email Anda tidak masuk ke folder Spam yang mana seharusnya masuk ke folder Kotak Masuk (Inbox).
Cara 1 Verifikasi SPF dan DKIM
SPF dan DKIM merupakan dua metode yang dapat diterapkan untuk memberikan identitas email yang Anda kirimkan, sehingga email tujuan dapat melakukan verifikasi bahwa email tersebut benar-benar dikirimkan dari alamat email pengirim yang benar, bukan email spam.
Baca selengkapnya: Cara Verifikasi SPF dan DKIM

Cara 2 Uji Coba Kirim Email
Terdapat website yang bisa Anda gunakan untuk menguji pesan email terkirim. Nantinya, Anda bisa mendapatkan hasil analisis terkait email terkirim tersebut.
Buka halaman website mail-tester.com dan coba kirim pesan ke alamat email yang tersedia. Setelah itu, klik tombol Then check your score untuk mengetahui hasil analisisnya.
Sebagai contoh, kami mendapatkan nilai 10/10. Ini artinya pesan email yang dikirimkan tidak akan masuk ke folder Spam penerima.

Cara 3 Email Deliverability
Gunakan fitur Email Deliverability yang terdapat pada cPanel. Di sini Anda dapat memastikan statusnya telah Valid untuk nama domain yang terdaftar. Jika belum, klik tombol Repair yang ada di sebelah kanan. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke konfigurasi SPF dan DKIM. Gulir ke bawah, lalu klik tombol Repair sekali lagi untuk memperbaikinya.

Cara 4 Track Delivery
Gunakan fitur Track Delivery di cPanel untuk memastikan pesan email Anda sudah terkirim ke alamat email penerima. Hal yang mungkin terjadi, pesan email tersebut ternyata gagal terkirim.
Baca selengkapnya: Cara Mengatasi Gagal Kirim Pesan di Email Hosting

Cara 5 Hindari Penggunaan Kata Ini
Berikut merupakan kumpulan kata yang dianggap mengandung motif Spam pada email. Sebisa mungkin Anda menghindari penggunaan kata ini agar pesan email tidak dianggap Spam. Ini merupakan salah satu faktor yang digunakan Spam Filter pada penyedia layanan email.
“Tanpa Biaya”
“Harga Terendah”
“Dapatkan Uang”
“Hasilkan Uang”
“100% gratis”
“Hadiah gratis”
“Anda adalah pemenang!”
Cara 6 Perhatikan Struktur Pesan Email
Berikut kriteria pesan email yang baik, sehingga terhindar dari folder Spam penerima.
- Gunakan subjek email dan jangan mengosongkannya.
- Subjek email tidak boleh sepenuhnya menggunakan kapital, contoh: “AYO DAPATKAN DISKON 50% SEKARANG!”.
- Tuliskan pesan email yang relevan dengan subjek email.
- Jika menambahkan link, pastikan link tersebut aktif (bisa diakses), dan jangan menggunakan URL Shortener (pemendek URL) dalam isi pesan.
- Jangan terlalu banyak menggunakan gambar tanpa menambahkan kata-kata dalam pesan email.