Cara Mengatasi Pesan Email Masuk ke Folder Spam Penerima

Beberapa kali Anda sudah mengirim pesan email, namun tidak kunjung mendapatkan balasan. Bisa jadi, email yang Anda kirim sama sekali tidak diketahui oleh penerima. Lebih tepatnya, email tersebut masuk ke folder Spam di email penerima.

Biasanya ini terjadi pada email yang baru saja Anda buat pada layanan hosting. Email dengan kombinasi nama domain Anda, contoh admin@namadomain.com.

Hal ini membuat penerima tidak tahu adanya pesan masuk dari email tersebut. Penerima juga tidak akan mendapatkan pemberitahuan dari pesan email yang dianggap Spam. Akhirnya penerima harus repot masuk ke folder Spam untuk melihat pesan email yang Anda kirim.

Panduan ini akan menjelaskan bagaimana cara agar pesan email Anda tidak masuk ke folder Spam yang mana seharusnya masuk ke folder Kotak Masuk (Inbox).

Cara 1 Verifikasi SPF dan DKIM

SPF dan DKIM merupakan dua metode yang dapat diterapkan untuk memberikan identitas email yang Anda kirimkan, sehingga email tujuan dapat melakukan verifikasi bahwa email tersebut benar-benar dikirimkan dari alamat email pengirim yang benar, bukan email spam.

Baca selengkapnya: Cara Verifikasi SPF dan DKIM

1 Verifikasi DKIM dan SPF (Sensor)

Cara 2 Uji Coba Kirim Email

Terdapat website yang bisa Anda gunakan untuk menguji pesan email terkirim. Nantinya, Anda bisa mendapatkan hasil analisis terkait email terkirim tersebut.

Buka halaman website mail-tester.com dan coba kirim pesan ke alamat email yang tersedia. Setelah itu, klik tombol Then check your score untuk mengetahui hasil analisisnya.

Sebagai contoh, kami mendapatkan nilai 10/10. Ini artinya pesan email yang dikirimkan tidak akan masuk ke folder Spam penerima.

2 Contoh hasil Mail Tester

Cara 3 Email Deliverability

Gunakan fitur Email Deliverability yang terdapat pada cPanel. Di sini Anda dapat memastikan statusnya telah Valid untuk nama domain yang terdaftar. Jika belum, klik tombol Repair yang ada di sebelah kanan. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke konfigurasi SPF dan DKIM. Gulir ke bawah, lalu klik tombol Repair sekali lagi untuk memperbaikinya.

3 Email Deliverability Valid (Edit)

Cara 4 Track Delivery

Gunakan fitur Track Delivery di cPanel untuk memastikan pesan email Anda sudah terkirim ke alamat email penerima. Hal yang mungkin terjadi, pesan email tersebut ternyata gagal terkirim.

Baca selengkapnya: Cara Mengatasi Gagal Kirim Pesan di Email Hosting

4 Track Delivery

Cara 5 Hindari Penggunaan Kata Ini

Berikut merupakan kumpulan kata yang dianggap mengandung motif Spam pada email. Sebisa mungkin Anda menghindari penggunaan kata ini agar pesan email tidak dianggap Spam. Ini merupakan salah satu faktor yang digunakan Spam Filter pada penyedia layanan email.

“Tanpa Biaya”

“Harga Terendah”

“Dapatkan Uang”

“Hasilkan Uang”

“100% gratis”

“Hadiah gratis”

“Anda adalah pemenang!”

Cara 6 Perhatikan Struktur Pesan Email

Berikut kriteria pesan email yang baik, sehingga terhindar dari folder Spam penerima.

  • Gunakan subjek email dan jangan mengosongkannya.
  • Subjek email tidak boleh sepenuhnya menggunakan kapital, contoh: “AYO DAPATKAN DISKON 50% SEKARANG!”.
  • Tuliskan pesan email yang relevan dengan subjek email.
  • Jika menambahkan link, pastikan link tersebut aktif (bisa diakses), dan jangan menggunakan URL Shortener (pemendek URL) dalam isi pesan.
  • Jangan terlalu banyak menggunakan gambar tanpa menambahkan kata-kata dalam pesan email.

Apakah artikel ini membantu?

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

Artikel Serupa


related posts

Penggunaan Email

Setelah web Anda online dan domain Anda mengarah ke layanan kami, maka Anda akan dapat menggunakan email dengan nama domain Anda (misal: email@namadomainanda.com). Penting nantinya untuk menggunakan email marketing dengan nama domain Anda, karena hal tersebut dapat meningkatkan kepercayaan client Anda dan juga sebagai brand awareness yang detailnya dibahas pada ulasan berikut: https://www.niagahoster.co.id/kb/email-gratis-untuk-bisnis Cara termudah untuk menggunakan email adalah menggunakan email […]

Selengkapnya
related posts

Lokasi Server Niagahoster

Lokasi Server Niagahoster – Niagahoster memiliki beberapa lokasi server (Data Center) untuk memenuhi kebutuhan klien. Berikut adalah lokasi Server atau Data Center yang digunakan oleh Niagahoster. Unlimited Hosting, WordPress Hosting, Mail Hosting dan Cloud Hosting Untuk layanan Hosting unlimited hosting, WordPress Hosting, Mail Hosting dan Cloud Hosting, Niagahoster menggunakan server Indonesia (DCI Tier 4) dan Singapura […]

Selengkapnya
related posts

Mengapa Perlu Menggunakan Email Yang Terdaftar dan Tiket?

Kemudahan, kecepatan dan ketepatan adalah hal yang utama bagi tim Niagahoster dalam memberikan bantuan ke semua pelanggan. Namun, dalam beberapa kasus kami mendapati klien menghubungi tim kami baik melalui chat atau tiket dengan menggunakan email yang tidak terdaftar atau tidak sesuai dengan akun hosting atau domain yang diminta. Untuk hal ini, maka kami harus menolaknya. […]

Selengkapnya