Cara Mengelola Pesanan Anda

Dalam sistem toko online yang menggunakan woocommerce, Anda dapat melakukan pengelola pesanan untuk setiap order yang dilakukan oleh pelanggan Anda.

Cara mengelola pesanan.

Dengan adanya pengelolaan pesanan, Anda bisa melakukan monitoring terkait dengan pesanan pelanggan Anda. Pada setiap order Anda akan mendapatkan notifikasi melalui email, dengan notifikasi ini Anda bisa memproses pesanan melalui fitur kelola pesanan ini.

Untuk mengakses fitur ini, Anda bisa akses melalui menu Woocommerce > Orders

Cara setting WooCommerce untuk mengelola konsumen.

Saat Anda memilih salah satu pesanan, makan Anda akan mendapatkan informasi berikut :

Informasi order yang baru masuk

Setiap pesanan memiliki Order ID unik yang memiliki detail informasi seperti :

  • Order Number and Customer Name : Nomor Order dan Nama Pelanggan.
  • Date of Purchase : Tanggal Pembayaran yang dilakukan oleh Pelanggan.
  • Order Status : Status dari Pesanan yang dilakukan.
  • Billing Address : Alamat Pembayaran yang dilakukan oleh Pelanggan.
  • Shipping Address : Alamat Pengiriman yang dilakukan oleh Pelanggan.
  • Purchase Total : Total Pembayaran yang dilakukan oleh Pelanggan.
  • Actions : Aksi yang bisa dilakukan oleh Anda setelah menerima pesanan.

Setelah Anda menerima pesanan, Anda bisa merubah status pesananan tersebut. Berikut beberapa pesanan yang bisa Anda lakukan :

  • Processing. Order sudah diterima dan sudah dibayar, tapi masih diproses.
  • Pending payment. Order sudah dilakukan tapi belum dibayar. 
  • On Hold. Order sudah dilakukan, konfirmasi pembayaran belum dilakukan konsumen.
  • Completed. Order sudah diproses dan dikirimkan ke konsumen. 
  • Cancelled. Order dibatalkan, baik oleh konsumen maupun sistem/
  • Refunded. Order dibatalkan dan pembayaran dikembalikan. 
  • Failed. Order gagal. Bisa saja karena pembayaran tidak segera dilakukan.

Berikut ilustrasi untuk proses order pesanan.

Apakah artikel ini membantu?

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

Artikel Serupa


related posts

Cara Migrasi Website Weebly ke Hosting

Weebly merupakan platform untuk membuat website berbasis drag and drop. Anda dapat membangun website secara praktis tanpa coding sekalipun. Sayangnya layanan Weebly Niagahoster akan dinonaktifkan pada tanggal 30 Januari 2023. Bagi Anda yang masih menggunakan layanan ini harap untuk melakukan pemindahan atau migrasi sebelum tanggal tersebut. Pada panduan ini, kami akan memberikan solusi alternatif agar […]

Selengkapnya
related posts

Mengutamakan produk tertentu di paling atas halaman shop di woocommerce

Jika kita ingin mengutamakan beberapa produk agar bisa menjadi yang teratas di halaman shop maka kita bisa menggunakan “sorting” Drag and drop produk mana yang ingin kita utamakan paling atas  Produk paling atas akan menjadi yang pertama muncul di halaman “Shop” Apakah artikel ini membantu?

Selengkapnya
related posts

Cara Menghapus Kategori Produk “Uncategorized” di Woocommerce

Buat terlebih dahulu kategori produk yang lebih general atau akan sering digunakan  Pilih kategori tersebut sebagai default dengan klik “Make default“   Setelah itu kita baru bisa menghapus kategori “uncategorized”  Apakah artikel ini membantu?

Selengkapnya