Cara Pengaturan Alamat Email Default di cPanel

cPanel Niagahoster menyediakan fitur Default Address (alamat email default) yang mengizinkan Anda untuk tetap dapat menerima email meskipun dikirimkan ke alamat email tidak valid pada domain.

Sebagai contoh, rekan kerja mengirim pesan ke alamat email Anda dan terjadi kesalahan ketik. Jika alamat email Anda adalah pengguna@contoh.com tetapi rekan Anda menuliskan pengguna_1@contoh.com, maka alamat email default akan tetap menerimanya. Periksa Inbox dari email default domain Anda untuk menemukan pesan email yang hilang.

Tahap 1 Buka cPanel

Anda perlu membuka cPanel terlebih dahulu. Berikut 2 panduan berdasarkan versi Member Area yang Anda gunakan. Pilih salah satu panduan sesuai dengan kebutuhan.

  1. Panduan Member Area Lama
  2. Panduan Member Area Baru

Panduan Member Area Lama

1. Masuk ke Member Area Niagahoster.

2. Gulir halaman ke bagian Layanan Anda pada tab Hosting. Pilih layanan hosting aktif yang Anda miliki, kemudian klik tombol Kelola Hosting di sebelah kanan.

3. Anda akan diarahkan ke halaman Pengaturan Hosting. Pilih tab cPanel, kemudian pilih menu All Features untuk menampilkan fitur lengkap cPanel.

Panduan Member Area Baru

1. Masuk ke Member Area Niagahoster.

2. Gulir halaman ke bagian Layanan Anda dan klik tab cPanel Hosting. Pilih layanan hosting aktif yang Anda miliki, kemudian klik tombol Kelola Layanan di sebelah kanan.

3. Anda akan diarahkan ke halaman Kelola Hosting. Halaman yang berisi informasi detail hosting serta fitur untuk mengelola hosting.

4. Gulir halaman ke bagian Quick Shortcut ke cPanel. Anda akan melihat sebagian fitur cPanel di sini. Untuk menampilkan fitur lengkap cPanel, klik Lihat Semua Fitur cPanel.

Tahap 2 Pengaturan Alamat Email Default

1. Anda akan dibawa ke halaman cPanel. Gulir ke bagian Email, kemudian klik menu Default Address.

2. Anda akan diarahkan ke halaman Default Address. Saat ini alamat email default Anda belum diatur dan tertera informasi “blackhole” pada bagian Current Setting. Untuk mengaturnya, pilih opsi Forward to Email Address. Kemudian, Anda dapat memasukkan alamat email aktif pada kolom di bawahnya.

3. Jika sudah, gulir ke bawah dan klik tombol Change.

4. Selesai! Anda akan mendapatkan notifikasi seperti ini apabila alamat email default telah berhasil diatur. Klik tombol Go Back untuk kembali ke halaman sebelumnya.

5. Anda akan diarahkan ke halaman Default Address. Alamat email default yang aktif bisa Anda lihat pada bagian Current Setting.

Apakah artikel ini membantu?

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

Artikel Serupa


related posts

Cara Backup dan Restore Email di Microsoft Outlook

Dibuat pada 25 Oktober 2022 Jika saat ini Anda menggunakan surat elektronik (e-mail) untuk bekerja ataupun urusan bisnis, kemungkinan besar Anda menggunakan akun Exchange atau IMAP Microsoft Outlook. Exchange dan server IMAP secara otomatis mengarsipkan email Anda sehingga Anda dapat mengaksesnya kapan saja atau di mana saja. Silakan mengikuti panduan teknis berikut untuk melakukan backup […]

Selengkapnya
related posts

Cara Mengatasi Outlook yang Selalu Minta Password

Dibuat pada 21 Juli 2022 Microsoft Outlook adalah sebuah program personal information manager dari microsoft dan bagian suite dari microsoft office. Fungsi utama dari Microsoft Outlook ini adalah untuk mengirim, menerima, maupun membaca pesan email yang masuk. Selain itu, Microsoft Outlook turut memiliki fungsi lain  seperti membuat jadwal kerja, kalender, catatan, serta menyimpan nama dan […]

Selengkapnya
related posts

[Gratis] Membangun Citra Perusahaan Menggunakan Email Bisnis

Di tengah popularitas media sosial dewasa ini, email tetap jadi sarana andalan untuk berkomunikasi dalam ranah bisnis. Citra perusahaan Anda bahkan dapat dibangun dari sini. Statistik yang dihimpun oleh The Radicati Group pada tahun 2014 menunjukkan bahwa hingga saat ini setidaknya ada lebih dari 4 milyar akun email yang terdaftar di seluruh dunia. Lebih dari […]

Selengkapnya