Perbedaan Layanan Email Hosting dan Email pada Shared Hosting

Setidaknya terdapat 2 jenis email yang dapat digunakan dalam hosting antara lain email hosting dan email shared hosting. Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan layanan web hosting menganggap keduanya ini sama. Ternyata keduanya itu berbeda dari segi spesifikasi dan teknis.

Artikel ini akan membahas kedua email tersebut. Mulai dari pengertian, perbedaan, hingga mana yang lebih unggul? Apakah email hosting atau email shared hosting? Kemudian, nantinya disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Pengertian Email Hosting

email hosting

Email hosting merupakan layanan server hosting untuk pengiriman email bisnis dengan kebutuhan tinggi. Kata kuncinya terletak pada server khusus. Database email terpisah dari server web hosting Anda. Server tersebut memang dirancang hanya untuk email saja, membuatnya leluasa untuk Anda kelola.

Pengertian Email Shared Hosting

email gratis

Email shared hosting merupakan layanan email yang bisa digunakan pada tiap paket hosting, namun satu server dibagi alokasinya agar dapat digunakan oleh banyak user. Ketika Anda membeli paket hosting, email tersebut sudah termasuk dalam satu paket. Email ini dikenal juga dengan Webmail. Anda perlu melakukan instalasi melalui cPanel sebelum bisa digunakan.

Perbedaan Email Hosting dengan Email Shared Hosting

Berikut merupakan tabel perbedaan dari email hosting dan email shared hosting.

Perbedaan

Email Hosting

Email Shared Hosting

Kapasitas Pengiriman

400 email / jam


  • Paket Bayi, Pelajar, Personal: 200 email / jam
  • Paket Bisnis & Cloud Hosting: 300 email / jam

Batas Maksimal Penerima

50 penerima dalam sekali kirim

15 penerima dalam sekali kirim

Kapasitas Penyimpanan


  • Mail Pro: 25GB
  • Mail Business: 50 GB
  • Mail Business Extra: 100GB

10GB

Fitur Keamanan

Greylist, SpamAssassin, SpamExperts

SpamExperts (Paket Bisnis & Cloud Hosting)

Email Client

Gmail, Microsoft Outlook, Mozilla Thunderbird, Horde, Roundcube

Gmail, Microsoft Outlook, Mozilla Thunderbird, Horde, Roundcube

Fitur Backup

JetBackup (Hingga 30GB)

JetBackup (Hingga 10GB)

Kelebihan Email Hosting

Berdasarkan tabel perbedaan di atas, email hosting lebih unggul dari email shared hosting. Anda dapat membaca lebih lanjut keunggulan layanan email hosting di bawah ini.

1. Menangkal Email Spam

Salah satu masalah yang sering dialami pengguna email adalah email spam. Mungkin Anda pernah mengalaminya sendiri. Email spam dapat sangat membahayakan jika tidak ditangani dengan baik. Serangan trojan, malware, hingga risiko penipuan bukan tidak mungkin menghantui Anda.

Menggunakan layanan Email Hosting Niagahoster, Anda bisa terlindung dari email spam berkat adanya sistem keamanan yang baik. Salah satu kelebihan email hosting adalah proteksi untuk menangkal masuknya email spam.

2. Mencegah Email Terkirim Masuk Spam

Saat pertama kali mengaktifkan email shared hosting melalui cPanel, Anda bisa mencoba mengirim email ke layanan lain seperti Gmail. Apakah email yang Anda kirimkan tersebut masuk ke bagian spam? Jika iya, tentu ini tidak baik untuk Anda.

Contohnya, Anda sedang mengirim email penting untuk rekan bisnis. Namun, email tersebut masuk ke kotak spam. Dia harus mencarinya di kotak spam untuk menemukan pesan yang Anda kirim. Tentu ini mengganggu proses komunikasi tersebut.

3. Kapasitas Penyimpanan Besar

Ketika aktivitas email sedang intens, Anda tidak perlu khawatir karena data tetap tersimpan dengan baik. Layanan Email Hosting Niagahoster memiliki pilihan kapasitas 25GB, 50GB, dan 100GB.

Sementara itu, fasilitas email pada shared hosting memiliki kapasitas penyimpanan lebih sedikit dibandingkan Email Hosting: Hanya 10GB saja. Keterbatasan kapasitas dapat menjadi masalah ketika aktivitas email meningkat.

4. Jumlah Pengiriman Email Lebih Banyak

Pelaku bisnis yang sering mengirim email sangat sesuai dengan fitur ini. Banyaknya order yang masuk biasanya berbanding lurus dengan jumlah email konfirmasi kepada pelanggan.

Tentu Anda tidak ingin membuat pelanggan menunggu lebih lama. Menggunakan Email Hosting Niagahoster, Anda dapat mengirim hingga 400 email tiap jam. Sebagai perbandingan, fasilitas email pada layanan shared hosting hanya mampu mengirim 200 – 300 email tiap jam.

5. Fitur Backup

Anda mungkin memiliki pesan-pesan email penting yang harus selalu tersimpan dengan baik. Adanya fitur backup pada email hosting bisa mengamankan data dari risiko kehilangan.

Fitur backup pada layanan Email Hosting Niagahoster menggunakan JetBackup. Proses backup akan dijalankan secara otomatis satu minggu sekali. Bahkan, file cadangan Anda akan tersimpan di server berbeda secara otomatis sehingga lebih aman.

6. Dukungan Teknis 24/7

Beberapa hal mungkin di luar kendali Anda. Kualitas dukungan teknis dari penyedia layanan adalah hal yang perlu dipertimbangkan.

Layanan Email Hosting Niagahoster menyediakan fasilitas dukungan teknis 24 jam nonstop selama 7 hari. Anda bisa menghubungi Tim Dukungan Teknis Niagahoster melalui live chat, email, atau WhatsApp. Anda tidak perlu khawatir jika tiba-tiba mengalami gangguan.

Informasi lengkap mengenai layanan Email Hosting Niagahoster dapat Anda lihat di sini.

Apakah artikel ini membantu?

9
7

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

Artikel Serupa


related posts

Bagaimana cara migrasi layanan email ke Niagahoster menggunakan Fitur Impor Email?

Langkah 1 – Buat akun email baru Pertama, buat akun email baru di Niagahoster dan tambahkan DNS record email. Kemudian, siapkan hal-hal berikut ini agar migrasi email berjalan lancar: Artikel terkait: Langkah 2 – Buka tool Impor Email Buka menu Email → pilih domain → buka Impor Email dan klik Permintaan Impor Email Baru: Langkah […]

Selengkapnya
related posts

Cara Mendapatkan Backup Email: Gmail, Outlook, Thunderbird, Yahoo Mail, dan Mac Mail

Memperoleh Detail Server Email Untuk menerima email dari server web, klien perlu menggunakan seperangkat protokol yang disebut. Untuk pengiriman pesan ada SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), sedangkan untuk protokol surat masuk ada IMAP (Internet Message Access Protocol) dan POP3 (Post Office Protocol). Perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa IMAP memungkinkan sinkronisasi email di beberapa perangkat, sedangkan POP3 […]

Selengkapnya
related posts

Cara impor email ke Hostinger dengan webmail

File backup email dalam format EML, MIME, atau Mbox bisa dengan mudah diimpor ke Niagahoster Email dengan Webmail. Jika ada lebih dari satu file, arsipkan file dalam format .zip sebelum diimpor. Untuk impor email, buka Webmail, klik Berikutnya dan Impor: Pilih file backup email dan klik Impor untuk memulai proses backup: Setelah proses impor selesai, […]

Selengkapnya