Cara Mengatasi Max Defers pada Cpanel Mail Hosting

Max Defers merupakan dua kata yang terdapat dalam pesan eror saat gagal melakukan proses kirim email di mail hosting. Contoh, kalimat lengkapnya seperti ini, “Domain has exceeded the max defers and failures per hour (5/5 (14%)) allowed.

Arti dari pesan tersebut menandakan pesan email yang sedang dikirim gagal terkirim ke email tujuan. Otomatis pesan tersebut gagal juga diterima oleh calon penerima.

Beberapa hal bisa menjadi penyebab gagalnya proses pengiriman email, seperti:

  • Alamat email tujuan yang tidak valid
  • MX Record email tujuan tidak ditemukan
  • Aktifnya fitur untuk menghindari spam yang dilakukan oleh user

Maksud poin terakhir adalah cPanel bisa melakukan pemblokiran pada suatu akun yang mengirim email tidak valid berkali-kali dalam satu jam. Tindakan ini tentu bisa dianggap spamming oleh cPanel. Akhirnya muncul pesan Max Defers untuk menghentikannya.

Sementara itu, beberapa user merasa tidak melakukan spamming. Setelah dilakukan pengecekan, ternyata user salah dalam mengetik alamat email, alias typo. Namun, user mencoba berkali-kali mengirim email ke alamat yang typo tersebut hingga akhirnya muncul pesan eror Max Defers. Untuk itu, silakan mengikuti panduan teknis ini untuk mengatasi Max Defers pada Mail Hosting.

1. Masuk ke Member Area Niagahoster.

2. Pilih menu hosting – pilih hosting yang dimaksud – kemudian klik kelola

3. Pada dashboard, silakan klik login ke Cpanel

4. Anda akan dibawa masuk ke halaman cPanel.

5. Ketik Track Delivery pada bilah pencarian di bagian atas, kemudian klik hasil pencarian yang telah ditampilkan.

5. Berikut tampilan Track Delivery pada mail hosting. Laporan akan muncul pada tabel di bawah. Isi tabel juga bisa difilter sesuai kebutuhan. Misal, Anda hanya ingin menampilkan email yang gagal terkirim, caranya dengan klik tombol Show Blocked & Failed.

6. Berikut contoh laporan yang menampilkan email yang gagal terkirim. Berdasarkan laporan ini, beberapa hal bisa Anda perhatikan, antara lain:

  • Recipient: Apakah alamat penerima sudah sesuai?
  • Result: Kolom ini akan mendeskripsikan penyebab email gagal terkirim.
  • Error Code: Biasanya pada kolom Result terdapat kode eror yang dicantumkan. Anda bisa cek arti kode tersebut pada tautan ini.
6 Contoh failure email (Edit)

7. Sementara itu, ini contoh laporan yang menampilkan email yang tertunda (deferred). Anda bisa melakukan hal yang sama seperti langkah sebelumnya. Pada kolom Result, terdapat Error Code: 451 Internal resource temporarily unavailable.

7 Contoh deferred email (edit)

Setelah dicek pada tautan yang dicantumkan kolom Result, artinya seperti ini:

CodeReason Given to Sending MTADescriptionRecommended Resolution
451Internal resource temporarily unavailableThe sending mail server is subjected to Greylisting. This requires the server retries the connection, between one minute and 12 hours. Alternatively the sender’s IP address has a poor reputation.These reputation checks can be bypassed with an Auto Allow or Permitted Senders policy. If it’s legitimate traffic, amend your Greylisting policy.

Terjemahan Bahasa Indonesia:

KodeAlasanDeskripsiResolusi yang Direkomendasikan
451Sumber daya internal sementara tidak tersediaServer email pengirim dikenai Greylisting. Ini mengharuskan server mencoba kembali koneksi, antara satu menit hingga 12 jam. Atau, alamat IP pengirim memiliki reputasi yang buruk.Pemeriksaan reputasi ini dapat dilewati dengan kebijakan Izinkan Otomatis atau Pengirim yang Diizinkan. Jika itu lalu lintas yang sah, ubah kebijakan daftar abu-abu Anda.

Status Pengiriman Pesan pada Track Delivery

Berikut ikon yang menunjukkan status pengiriman pesan email Anda:

IkonArti
Sistem telah menyampaikan pesan tersebut.
Status pesan tidak diketahui, atau pengiriman sedang berlangsung.
Sistem menunda pesan tersebut.
Pesan mengalami kesalahan pengiriman.
Sistem mengarsipkan pesan tersebut.
Sistem menolak dan menghapus pesan pada Simple Mail Transfer Protocol (SMTP). Ini dapat terjadi jika server pengirim tidak menggunakan konfigurasi yang aman atau server berada pada Real-time Blackhole List (RBL).
Server email menerima pesan tetapi tidak mengirimkan pesan ke kotak masuk penerima. Ini dapat terjadi ketika perangkat lunak spam memfilter pesan atau penerima memiliki filter email khusus.

Kini Anda telah mengetahui penyebab dari pesan eror yang tampil pada saat melakukan pengiriman email di mail hosting. Anda bisa mengecek aktivitas tersebut melalui tools Track Delivery pada cPanel, kemudian mencari tahu apa solusi yang bisa dilakukan.

Apakah artikel ini membantu?

1
8

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

Artikel Serupa


related posts

Bagaimana cara migrasi layanan email ke Niagahoster menggunakan Fitur Impor Email?

Langkah 1 – Buat akun email baru Pertama, buat akun email baru di Niagahoster dan tambahkan DNS record email. Kemudian, siapkan hal-hal berikut ini agar migrasi email berjalan lancar: Artikel terkait: Langkah 2 – Buka tool Impor Email Buka menu Email → pilih domain → buka Impor Email dan klik Permintaan Impor Email Baru: Langkah […]

Selengkapnya
related posts

Cara Mendapatkan Backup Email: Gmail, Outlook, Thunderbird, Yahoo Mail, dan Mac Mail

Memperoleh Detail Server Email Untuk menerima email dari server web, klien perlu menggunakan seperangkat protokol yang disebut. Untuk pengiriman pesan ada SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), sedangkan untuk protokol surat masuk ada IMAP (Internet Message Access Protocol) dan POP3 (Post Office Protocol). Perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa IMAP memungkinkan sinkronisasi email di beberapa perangkat, sedangkan POP3 […]

Selengkapnya
related posts

Cara impor email ke Hostinger dengan webmail

File backup email dalam format EML, MIME, atau Mbox bisa dengan mudah diimpor ke Niagahoster Email dengan Webmail. Jika ada lebih dari satu file, arsipkan file dalam format .zip sebelum diimpor. Untuk impor email, buka Webmail, klik Berikutnya dan Impor: Pilih file backup email dan klik Impor untuk memulai proses backup: Setelah proses impor selesai, […]

Selengkapnya