Di tengah popularitas media sosial dewasa ini, email tetap jadi sarana andalan untuk berkomunikasi dalam ranah bisnis. Citra perusahaan Anda bahkan dapat dibangun dari sini.
Statistik yang dihimpun oleh The Radicati Group pada tahun 2014 menunjukkan bahwa hingga saat ini setidaknya ada lebih dari 4 milyar akun email yang terdaftar di seluruh dunia. Lebih dari pada itu, di tahun yang sama juga tercatat adanya 108 miliar email yang dikirim dan diterima oleh pengguna internet. Sebagian besar dari jumlah ini dimanfaatkan untuk keperluan bisnis.
Berbicara mengenai citra berarti berbicara tentang apa yang bisa Anda tampilkan. Oleh karena itu, domain website atau bidang yang Anda tekuni setidaknya harus tertera pada email bisnis yang Anda miliki. Tujuan utamanya sederhana: untuk menaikkan tingkat kepercayaan dari calon pelanggan. Hasilnya, perusahaan Anda akan terlihat lebih ‘resmi’ sehingga mereka lebih percaya terhadap apa yang Anda tawarkan.
Email gratis memang bisa Anda dapatkan menggunakan layanan Google Mail maupun Yahoo Mail. Hanya saja karena gratis, email yang Anda dapat juga sifatnya default, tidak dapat Anda ubah sendiri sesuai domain website yang Anda miliki (hanya @gmail.com atau @yahoo.com saja).
Jika Anda memiliki modal terbatas dan mengincar email tanpa biaya, sebenarnya ada alternatif lain selain Google dan Yahoo. Adalah Mail.com yang dapat Anda jadikan pilihan untuk memiliki email berdomain sesuai dengan bisnis Anda secara gratis. Cara pembuatannya pun mudah, Anda hanya perlu mendaftar seperti pembuatan email biasa.
Mail.com menyediakan deretan domain cantik yang dapat Anda pilih sesuai dengan bidang yang Anda geluti. Beberapa contoh di antaranya adalah @doctor.com, @consultant.com, @contractor.net serta banyak domain lain yang masih berhubungan dengan bisnis dan pekerjaan.
Fiturnya pun tidak kalah dari platform email lain yang lebih populer. Dibandingkan dengan Google misalnya, user Mail.com juga mendapatkan storage sebesar 2GB untuk menyimpan berbagai file dan email. Malah, pengiriman file lebih leluasa. Mail.com menyediakan ruang untuk file attachment lebih lega yaitu 50MB (attachment di Google maksimal hanya 25MB).
Dalam rangka membangun citra perusahaan, sesungguhnya kami lebih menyarankan Anda untuk menggunakan email bisnis dengan nama domain sendiri. Cara ini lebih ampuh untuk meningkatkan citra bisnis Anda. Nama perusahaan pada domain akan turut meningkatkan awareness serta tingkat kepercayaan pelanggan terhadap apa yang Anda tawarkan. Dari segi prestis, jelas ini akan membuat bisnis Anda tampak ‘nyata’ di mata pelanggan, tidak sekedar abal-abal saja.
Perusahaan penyedia layanan web hosting biasanya menyediakan nama domain sekaligus email bisnis di paket yang mereka tawarkan. Ini artinya, Anda bisa mendapatkan email bisnis sesuai keinginan hanya dengan memiliki website sendiri. Jika keduanya sudah aktif, baik website maupun email bisnis, Anda dapat mencantumkannya di kop surat, spanduk, atau marketing kit apapun yang Anda terbitkan.