Cara Konfigurasi php.ini di cPanel

Php.ini adalah file konfigurasi yang digunakan untuk mengatur proses eksekusi bahasa pemrograman PHP pada suatu website. File yang dibaca setiap kali menjalankan web server. File ini juga digunakan untuk mengontrol variabel seperti file timeouts, resource limits, dan upload sizes.

Apa keperluan dari mengubah file php.ini? Berikut beberapa alasan umum mengapa dilakukan perubahan pada file konfigurasi ini:

  • Mengubah versi PHP.
  • Mengubah jumlah waktu maksimum eksekusi oleh script.
  • Mengubah jumlah maksimum ukuran file unggahan.
  • Mengubah jumlah maksimum ukuran data posting.
  • Mengubah jumlah maksimum memori yang dialokasikan oleh script.

Pada localhost yang menggunakan XAMPP sebagai server, Anda perlu mengubah file php.ini secara manual. Anda harus membaca baris kode pada file untuk menemukan fungsi PHP yang ingin diubah. Setelahnya, Anda bisa menyimpan perubahan file untuk dijalankan kembali.

Pengaturan php.ini dapat membingungkan. Kini cPanel versi terbaru menyediakan fitur tersendiri dalam bentuk GUI (Graphical User Interface) untuk mengubah file php.ini. Anda bisa menggunakan fitur ini dengan mudah untuk mengganti fungsi PHP yang Anda butuhkan.

Artikel ini memiliki 2 panduan berdasarkan versi Member Area. Pilih salah satu panduan sesuai kebutuhan untuk melakukan konfigurasi php.ini di cPanel.

  1. Panduan Member Area Lama
  2. Panduan Member Area Baru

Panduan Member Area Lama

1. Masuk ke Member Area Niagahoster.

2. Gulir halaman ke bagian Layanan Anda pada tab Hosting. Pilih layanan hosting aktif yang Anda miliki, kemudian klik tombol Kelola Hosting di sebelah kanan.

3. Anda akan diarahkan ke halaman Pengaturan Hosting. Pilih tab cPanel, kemudian pilih menu All Features untuk menampilkan fitur lengkap cPanel.

4. Anda akan dibawa ke halaman cPanel. Gunakan kolom pencarian untuk menemukan fitur Select PHP Version, kemudian klik fitur tersebut.

5. Anda akan diarahkan ke menu Extensions pada halaman PHP Selector. Di sini Anda akan melihat beragam ekstensi PHP yang dikelompokkan sesuai abjad. Ekstensi tersebut digunakan untuk mengeksekusi fungsi tertentu. Silakan centang ekstensi yang tersedia berdasarkan fungsi yang Anda inginkan. Penjelasan lebih lanjut mengenai macam-macam ekstensi PHP dapat Anda baca di sini.

6. Anda turut dapat melakukan pengaturan yang lebih rinci melalui menu Options. Klik Options di sebelah kanan menu Extensions, kemudian centang atau isi kolom isian pada fungsi yang Anda inginkan.

Panduan Member Area Baru

1. Masuk ke Member Area Niagahoster.

2. Gulir halaman ke bagian Layanan Anda dan klik tab cPanel Hosting. Pilih layanan hosting aktif yang Anda miliki, kemudian klik tombol Kelola Layanan di sebelah kanan.

3. Anda akan diarahkan ke halaman Kelola Hosting. Halaman yang berisi informasi detail hosting serta fitur untuk mengelola hosting.

4. Gulir halaman ke bagian Quick Shortcut ke cPanel. Anda akan melihat sebagian fitur cPanel di sini. Untuk menampilkan fitur lengkap cPanel, klik Lihat Semua Fitur cPanel.

5. Anda akan dibawa ke halaman cPanel. Gunakan kolom pencarian untuk menemukan fitur Select PHP Version, kemudian klik fitur tersebut.

6. Anda akan diarahkan ke menu Extensions pada halaman PHP Selector. Di sini Anda akan melihat beragam ekstensi PHP yang dikelompokkan sesuai abjad. Ekstensi tersebut digunakan untuk mengeksekusi fungsi tertentu. Silakan centang ekstensi yang tersedia berdasarkan fungsi yang Anda inginkan. Penjelasan lebih lanjut mengenai macam-macam ekstensi PHP dapat Anda baca di sini.

7. Anda turut dapat melakukan pengaturan yang lebih rinci melalui menu Options. Klik Options di sebelah kanan menu Extensions, kemudian centang atau isi kolom isian pada fungsi yang Anda inginkan.

Apakah artikel ini membantu?

1
7

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

Artikel Serupa


related posts

Operasi Dasar di File Manager cPanel

Untuk mengakses File Manager, buka cPanel -> Files: Tombol Bar File Manager Di bagian ini, Anda bisa mencari file tertentu di direktori yang dipilih dan juga mengubah pengaturan File Manager, misalnya memilih direktori root agar terbuka secara default pada saat Anda mengakses File Manager, menampilkan file tersembunyi (dotfiles), dan menonaktifkan dialog verifikasi pengkodean karakter. Context […]

Selengkapnya
related posts

Penjelasan Niagahoster Web Hosting | Shared Web Hosting, Cloud Hosting

Memilih paket hosting yang tepat bisa jadi sulit, terutama jika Anda seorang pemula. Ini tidak menjadi lebih mudah dengan banyaknya pilihan yang tersedia – shared hosting, WordPress hosting, cloud hosting, VPS (Virtual Private Server) hosting, dan banyak lagi. Setelah menonton tutorial ini, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang berbagai paket yang ditawarkan oleh Niagahoster, […]

Selengkapnya
related posts

Cara Memperbarui Permintaan Migrasi Situs Web

Jika ada detail yang berubah setelah meminta migrasi situs web, dan status migrasi masih Tertunda , Anda dapat menghapus permintaan saat ini dan mengirimkan permintaan baru . Buka halaman Permintaan Migrasi , cari permintaan yang dipermasalahkan, dan klik hapus : Kemudian, klik Tambahkan permintaan dan kirimkan permintaan migrasi situs web baru dengan menentukan informasi yang […]

Selengkapnya