Cara Mengubah Time Zone PHP di cPanel

Time zone adalah zona waktu yang membedakan waktu berdasarkan letak daerah. Ada banyak sistem pembagian zona waktu di dunia, salah satunya adalah GMT (Greenwich Mean Time). Penamaan “GMT” menggunakan daerah bernama Greenwich di Inggris yang terletak pada garis bujur utama. Secara keseluruhan, terdapat 25 zona waktu GMT di seluruh dunia.

Zona waktu tersebut dibagi berdasarkan garis bujur dan penyebutannya menggunakan format berdasarkan selisih waktu dari Greenwich, misalnya GMT-12, GMT-11, GMT+1, GMT+2, dan seterusnya.

Indonesia memiliki tiga zona waktu berdasarkan GMT:

  • GMT+7 untuk Waktu Indonesia Barat (WIB).
  • GMT+8 untuk Waktu Indonesia Tengah (WITA).
  • GMT+9 untuk Waktu Indonesia Timur (WIT).

Time zone PHP secara default menggunakan GMT+0. Hal ini dapat memengaruhi waktu yang tertera pada sistem ketika Anda menggunakan fungsi waktu (date, time) pada PHP. Sebagai contoh, waktu di Indonesia menunjukkan pukul 07.00. Jika pengaturannya tidak tepat, PHP dapat saja membacanya sebagai pukul 00.00 (GMT+0).

Letak fungsi time zone PHP berada pada file php.ini yang dapat diubah melalui PHP Selector di cPanel. Anda bisa menggunakan fitur ini untuk mengubah time zone dengan mudah. Hanya dengan beberapa langkah, time zone PHP bisa Anda sesuaikan dengan lokasi Anda.

Langkah-Langkah Mengubah Time Zone PHP

1. Masuk ke Member Area Niagahoster.

2. Gulir ke bawah, kemudian klik tombol Kelola Layanan pada paket hosting aktif milik Anda.

3. Anda akan diarahkan ke halaman Pengaturan Hosting seperti contoh berikut.

4. Selanjutnya, gulir ke bawah hingga bagian Quick Shortcut ke cPanel. Klik menu Lihat Semua fitur cPanel.

5. Anda akan diarahkan ke halaman cPanel. Gulir hingga bagian Software, pilih menu Select PHP Version. Ini adalah fitur yang digunakan untuk mengatur fungsi-fungsi PHP.

6. Pilih menu Options untuk menemukan fungsi time zone pada halaman PHP Selector.

7. Pada halaman Options, temukan kolom isian date.timezone. Anda bisa mengubah zona waktu Indonesia dengan menuliskan informasi berikut ini.

  • WIB, isi kolom dengan: Asia/Jakarta
  • WITA, isi kolom dengan: Asia/Makassar
  • WIT, isi kolom dengan: Asia/Jayapura

Lihat dokumentasi PHP: List of Supported Timezones untuk menentukan zona waktu lainnya.

8. Arahkan kursor Anda ke kolom isian lainnya. Pengaturan akan tersimpan secara otomatis dengan munculnya notifikasi di sudut kanan atas.

Demikian tutorial Cara Mengubah Time Zone PHP di cPanel. Terima kasih telah menggunakan layanan hosting harga terjangkau dari Niagahoster.

Apakah artikel ini membantu?

2
5

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

Artikel Serupa


related posts

Operasi Dasar di File Manager cPanel

Untuk mengakses File Manager, buka cPanel -> Files: Tombol Bar File Manager Di bagian ini, Anda bisa mencari file tertentu di direktori yang dipilih dan juga mengubah pengaturan File Manager, misalnya memilih direktori root agar terbuka secara default pada saat Anda mengakses File Manager, menampilkan file tersembunyi (dotfiles), dan menonaktifkan dialog verifikasi pengkodean karakter. Context […]

Selengkapnya
related posts

Penjelasan Niagahoster Web Hosting | Shared Web Hosting, Cloud Hosting

Memilih paket hosting yang tepat bisa jadi sulit, terutama jika Anda seorang pemula. Ini tidak menjadi lebih mudah dengan banyaknya pilihan yang tersedia – shared hosting, WordPress hosting, cloud hosting, VPS (Virtual Private Server) hosting, dan banyak lagi. Setelah menonton tutorial ini, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang berbagai paket yang ditawarkan oleh Niagahoster, […]

Selengkapnya
related posts

Cara Memperbarui Permintaan Migrasi Situs Web

Jika ada detail yang berubah setelah meminta migrasi situs web, dan status migrasi masih Tertunda , Anda dapat menghapus permintaan saat ini dan mengirimkan permintaan baru . Buka halaman Permintaan Migrasi , cari permintaan yang dipermasalahkan, dan klik hapus : Kemudian, klik Tambahkan permintaan dan kirimkan permintaan migrasi situs web baru dengan menentukan informasi yang […]

Selengkapnya