Website Builder: Cara Menghubungkan Obrolan Langsung Messenger Facebook

Messenger Live Chat adalah plugin yang dibuat oleh Facebook. Anda dapat mengintegrasikannya langsung ke situs web Anda. Pelanggan Anda akan dapat menghubungi Anda dengan cepat dan mudah, tanpa harus meninggalkan situs Anda.

Mengintegrasikan Obrolan Langsung Messenger

Ada dua langkah utama yang perlu Anda selesaikan:

  1. Siapkan Plugin Obrolan Langsung Messenger
  2. Hubungkan Messenger Live Chat Plugin ke Situs Web Anda

Langkah 1 – Siapkan Plugin Obrolan Langsung Messenger

1. Masuk ke akun Facebook Anda, dan akses Meta Business Suite di sebelah kiri:

Mengakses Meta Business Suite melalui akun Facebook pribadi Anda

2. Buka Kotak Masuk :

Pengaturan kotak masuk di Meta Business Suite

3. Di dalam Kotak Masuk , klik roda pengaturan di kanan atas dan pilih Lihat semua pengaturan :

Tombol roda gigi mengarah ke Lihat semua pengaturan

4. Di dalam pengaturan Inbox , buka bagian Chat Plugin dan lakukan hal berikut:

  1. Masukkan nama domain Anda : https://domain.tld/ atau https://www.domain.tld/ tergantung pada apakah awalan WWW diaktifkan di pengaturan umum situs web Anda
  2. (Opsional) Siapkan pesan otomatis
  3. (Opsional) Sesuaikan plugin obrolan Anda
  4. Klik Terbitkan :

Dan itu saja! Yang tersisa hanyalah menemukan ID halaman Facebook Anda di pengaturan integrasi situs web Anda (lihat di bawah).

Langkah 2 – Hubungkan Plugin Obrolan Langsung Messenger ke Situs Web Anda

1. Di dalam pengaturan Kotak Masuk , buka bagian Perpesanan , dan Anda akan melihat URL messenger Anda – termasuk ID halaman Anda. Salin:

Pengaturan pesan di Meta Business Suite

2. Di dalam pembuat situs web, buka Pengaturan Website -> Integrasi dan Temukan bidang Obrolan Langsung Messenger dan rekatkan ID halaman Facebook Anda di sana:

3. Simpan perubahan dan perbarui situs web Anda . Kotak obrolan akan muncul di situs web Anda dalam beberapa jam.

CATATAN :

  • Anda tidak perlu menempelkan kode (skrip) tambahan apa pun ke pengaturan integrasi situs web Anda: ID halaman Facebook Anda sudah cukup
  • Anda juga dapat menemukan ID halaman Facebook Anda dengan cara ini: Temukan ID halaman Facebook Anda
  • Namun, jika Anda ingin mengintegrasikan Obrolan Langsung Messenger melalui kode, Anda harus menempelkan kode tersebut ke kolom Kode khusus

Penyelesaian masalah

Jika lebih dari empat jam telah berlalu setelah mengintegrasikan Obrolan Langsung Messenger ke situs web Anda, namun gelembung obrolan belum terlihat di situs web Anda, periksa hal berikut:

  1. Apakah domain dimasukkan dalam format yang benar di ujung Facebook
  2. Apakah domain masuk daftar putih di pihak Facebook
  3. Apakah ID halaman Facebook yang benar dimasukkan di akhir pembuat situs web
  4. Apakah situs web diperbarui

Langkah 1 – Periksa Ulang Format Domain

Di Pengaturan kotak masukPengaya obrolan , pastikan domain Anda dimasukkan dalam format yang benar: https://domain.tld/ atau https://www.domain.tld/ bergantung pada apakah awalan WWW diaktifkan di pengaturan umum situs web Anda:

Pengaturan plugin obrolan di Meta Business Suite

Langkah 2 – Daftar Putih Domain Anda

Buka profil Facebook reguler (pribadi) Anda dan buka Halaman di sebelah kiri:

Mengakses bagian Halaman melalui akun Facebook pribadi Anda

Kemudian buka halaman FB Anda di sebelah kiri:

Mengakses area manajemen halaman Facebook Anda

Di sebelah kiri, buka Pengaturan :

Pengaturan halaman Facebook

Buka bagian Perpesanan lanjutan , masukkan domain Anda di bawah Domain yang masuk daftar putih, dan klik Simpan :

Bagian Domain yang masuk daftar putih di setelan perpesanan lanjutan

Langkah 3 – Periksa kembali ID Halaman Facebook

Pastikan ID halaman Facebook yang benar telah ditempelkan ke pengaturan integrasi situs web Anda. Anda dapat menemukan ID dengan cara ini: Temukan ID halaman Facebook Anda

Langkah 4 – Perbarui Situs Web

Terakhir, perbarui situs web Anda , tunggu sebentar, dan periksa secara online. Anda juga mungkin perlu menghapus cache .

CATATAN : Jika Anda telah menyelesaikan semua langkah di atas, dan gelembung obrolan masih belum muncul di situs web Anda, hubungi tim sukses pelanggan kami

Apakah artikel ini membantu?

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

Artikel Serupa


related posts

Cara mengatasi “Error establishing a database connection”

Kesalahan koneksi database “Error establishing a database connection” atau “Access denied for user ..” dapat diatasi dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini: Berikut penjelasan untuk setiap langkah di atas: Langkah 1 – Mengecek kembali parameter database Buka Website → Kelola. Cari menu Database MySQL: Simpan kredensial ini: Untuk menyimpan kredensial di atas, Anda bisa menyalin […]

Selengkapnya
related posts

Cara mengaktifkan mode Development Cloudflare

Apa itu mode Development Cloudflare? Cloudflare menyimpan versi cache website Anda. Terkadang, perubahan pada website tidak langsung terlihat dan membutuhkan waktu untuk update. Anda bisa membuat perubahan pada website dan melihat langsung perubahannya dengan mengaktifkan mode Development. Mode Development bekerja dengan menonaktifkan cache selama 3 jam. Cara mengaktifkan mode Development Cloudflare Tab caching pada bar […]

Selengkapnya
related posts

Bagaimana cara menghapus cache di Cloudflare?

Walau pun dapat mempercepat loading website, cache juga menyimpan informasi atau konten lama website. Akibatnya, perubahan terbaru yang Anda buat tidak langsung muncul di website. Jika Cloudflare domain sudah aktif, Anda bisa hapus cache dengan login ke Dashboard Cloudflare dan pilih domain Anda. Di bagian kanan layar, klik Purge Cache untuk hapus cache: Di halaman […]

Selengkapnya