Cara Instal Lastpass untuk Mengamankan Password

Lastpass merupakan program aplikasi yang berfungsi untuk menyimpan detail informasi login dan password website maupun email yang anda miliki sehingga lebih aman dan terstruktur. Anda hanya perlu mengingat satu password utama untuk aplikasi Lastpass anda saja untuk memiliki akses login ke seluruh website dan email yang anda miliki.

Untuk melakukan instalasi Lastpass, silahkan ikuti panduan berikut ini :

1. Pada panduan ini kita menggunakan browser Google chrome, Untuk Mozilla Firefox anda dapat menyesuaikan.

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah mengakses menu “costumize & Control Google Chrome” yang berada di pojok kanan atas browser Google Chrome anda. Kemudian pilih “More Tools → Extensions”  atau bisa langsung mengkases url : https://chrome.google.com/webstore/category/extensions?hl=en-US

Cara menginstall lastpass

2. Anda akan diarahkan ke Chrome Webstore. Pada kolom pencarian di sebelah kiri silahkan anda inputkan “lastpass”, maka akan muncul Extensions bernama “Lastpass : Free Password Manager”  Silahkan tekan tombol “add to Chrome” untuk menginstallnya.

lastpass

3. Setelah Instalasi selesai, maka akan ada notifikasi Added pada Aplikasi lastpass yang baru saja anda install dan icon lastpass di toolbar browser anda.


4. Anda juga akan diredirect ke halaman Log in / Sign Up Lastpass, Silahkan inputkan email anda dan tekan tombol  “Create Account

Membuat akun lastpass


5. Selanjutnya silahkan membuat master password dan Reminder untuk Akun Lastpass anda. ( Ingat baik – baik kedua informasi ini, data ini dipergunakan untuk login dan reminder berfungsi untuk mereset password lastpass anda jika anda lupa ), lalu tekan “Unlock my Vault”.


6. Setelah anda menekan tombol Unlock my Vault, maka anda akan diarahkan ke halaman Vault yang berfungsi untuk menampung informasi login dan password seluruh website maupun email yang anda miliki. Anda juga bisa menambahkan informasi login website secara manual dengan menekan tombol “Add Site”.

lastpass1


7. Berikut ini halaman yang berfungsi untuk menambahkan informasi akun secara manual, Anda dapat mengkategorikan detail login dengan membuat folder, dan juga menambahkan deskripsi untuk website yang anda tambahkan.

lass



8. Anda juga dapat menambahkan informasi detail login website secara otomatis. Caranya silahkan mencoba login ke salah satu website yang anda miliki dengan username dan password anda, maka akan muncul notifikasi “Should Lastpass remember this password?” untuk menyimpan detail informasi login tersebut. Silahkan tekan “Yes” untuk menyimpannya.

9. Seluruh data informasi login seperti url halaman, username hingga password akan terisi secara otomatis, anda bisa menyimpannya langsung.

lass1



10. Setiap anda menginjungi website yang telah terinstall Lastpass, maka anda akan mendapatkan notifikasi berwarna merah pada icon lastpass anda.

Notifikasi pada lastpass



11. Jika anda mensetting Autologin maka browser akan meloginkan secara otomatis, jika anda hanya menyimpannya saja maka anda bisa mengisikan password secara otomatis dengan menekan Icon lastpass, pilih “Show Matching Sites” kemudian pilih “autofill”.


Autofill Lastpass

login otomatis lastpass

Demikan Panduan instalasi Lastpass untuk mengamankan password yang bisa anda praktekkan untuk mengamankan seluruh informasi login dan password website serta email anda, Semoga bermanfaat.

Apakah artikel ini membantu?

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

Artikel Serupa


related posts

Cara Mengatasi Gagal Login ke Member Area Niagahoster

Diperbarui pada 15 Maret 2023 Niagahoster melakukan pembaruan pada sistem login di Member Area. Pembaruan ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan akun pengguna Member Area Niagahoster. Anda dapat menghubungkan Google atau Facebook pada tab Data Diri di Pengaturan Member Area, sehingga dapat masuk ke akun tanpa menggunakan password. Setelah pembaruan sistem, pengguna yang menghubungkan akun Google […]

Selengkapnya
related posts

Prioritas Support Klien Bisnis

Niagahoster memberikan support atau bantuan prioritas untuk klien dengan akun hosting bisnis yang aktif. Tiket Bisnis akan mendapatkan prioritas  dan umumnya akan dibalas dalam waktu 30 menit. Berikut adalah panduan untuk mengirimkan Tiket Bisnis Niagahoster melalui Member Area. 1. Login ke Member Area Niagahoster 2. Pilih menu Tiket Bantuan > Buat Tiket 3. Anda akan melihat ada dua pilihan, […]

Selengkapnya
related posts

Cara Menggunakan Fitur Notification Bells Pada Member Area Niagahoster

Diperbarui pada 29 April 2022 Notification Bells merupakan fitur terbaru dari Niagahoster yang berfungsi sebagai penanda dan pengingat apabila masa aktif dari layanan hampir berakhir.  Anda dapat menggunakan fitur Notification Bells sebagai pengingat dalam mengelola layanan pada Niagahoster. Panduan ini terbagi menjadi dua bagian sebagai berikut. 1. Langkah-langkah Menggunakan Fitur Notification Bells Pada Member Area […]

Selengkapnya